PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS DAN TIPE STAD PADA MATERI FAKTORISASI ALJABAR KELAS VIII SMP CERDAS MURNI TEMBUNG
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memaparkan bahwa peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) lebih tinggi daripada peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) pada materi faktorisasi suku aljabar di kelas VIII SMP Cerdas Murni. Jenis penelitian ini adalah ekperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Semester Ganjil Cerdas Murni Tembung yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah keseluruhan 68 orang. Penentuan sampel dilakukan secara acak untuk menentukan kelas yang diberi perlakuan TPS dan kelas yang diberi perlakuan STAD yaitu kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen I (kelas yang diberi perlakuan TPS) yang terdiri dari 34 orang dan kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen I (kelas yang diberi perlakuan STAD) yang terdiri dari 34 orang. Yang menjadi objek penelitian ini adalah perbedaan kemampuan komunikasi matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan tipe STAD. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui komunikasi siswa adalah tes komunikasi matematika yang telah divalidasi dalam bentuk uraian. Dari hasil penelitian yang diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen 1 dengan model TPS diperoleh skor rata-rata pretest sebesar 17,4117647 dan posttest sebesar 31,7647059 dan kelas eksperimen 2 dengan model STAD diperoleh skor rata-rata pretest sebesar 17dan posttest sebesar 29,4705882. Hasil uji t dua pihak dengan dk = 66 dan α = 0,05, diperoleh thitung = 1,8469 dan ttabel = 1,669 sehingga thitung ttabel yaitu 1,8469 1,669 maka Ha diterima, dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share(TPS) lebih tinggi daripada peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD).