UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) MATERI KESEBANGUNAN DAN KEKONGRUENAN KELAS IX SMP NEGERI 3 PERCUT SEI TUAN T.A 2016/ 2017

Main Author: Efriliana,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/23293/4/1.%20NIM.%204123111018%20COVER.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23293/7/2.%20NIM.%204123111018LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23293/9/3.%20NIM.%204123111018%20RIWAYAT%20HIDUP.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23293/8/4.%20NIM.%204123111018%20ABSTRAK.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23293/10/5.%20NIM.%204123111018%20KATA%20PENGANTAR.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23293/10/6.%20NIM.%204123111018%20DAFTAR%20ISI.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23293/10/7.%20NIM.%204123111018%20DAFTAR%20GAMBAR.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23293/3/8.%20NIM.%204123111018%20DAFTAR%20TABEL.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23293/1/9.%20NIM.%204123111018%20DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23293/5/10.%20NIM.%204123111018%20BAB%20I.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23293/2/14.%20NIM.%204123111018%20BAB%20V.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23293/6/15.%20NIM.%204123111018%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23293/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share di kelas IX SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX-2 SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 34 orang. Objek penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui model pembelajaran kooperatif think pair share pada pokok bahasan kesebangunan dan kekongruenan di kelas IX SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan tahun ajaran 2016/2017. Berdasarkan analisis data pada tes awal kemampuan komunikasi matematis siswa diperoleh 9 siswa (26,5%) dari 34 siswa telah memiliki kemampuan komunikasi matematis minimal kategori sedang (nilainya 65). Setelah pemberian tindakan pada siklus I melalui pemberian tes kemampuan komunikasi matematis I diperoleh 16 siswa (44,12%) dari 34 siswa telah memiliki kemampuan komunikasi matematis minimal kategori sedang (nilainya 65). Setelah tindakan II, melalui pemberian tes kemampuan komunikasi matematis II diperoleh 28 siswa (82,35%) dari 34 siswa yang telah memiliki kemampuan komunikasi matematis minimal kategori sedang (nilainya 65). Berdasarkan kriteria ketuntasan klasikal maka persentase ketuntasan ini sudah memenuhi. Berdasarkan uraian di atas disimpulkan komunikasi matematis siswa meningkat dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share di kelas IX SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan tahun ajaran 2016/2017.