UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) MATERI KESEBANGUNAN DAN KEKONGRUENAN KELAS IX SMP NEGERI 3 PERCUT SEI TUAN T.A 2016/ 2017

Main Author: Efriliana,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/23293/4/1.%20NIM.%204123111018%20COVER.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23293/7/2.%20NIM.%204123111018LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23293/9/3.%20NIM.%204123111018%20RIWAYAT%20HIDUP.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23293/8/4.%20NIM.%204123111018%20ABSTRAK.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23293/10/5.%20NIM.%204123111018%20KATA%20PENGANTAR.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23293/10/6.%20NIM.%204123111018%20DAFTAR%20ISI.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23293/10/7.%20NIM.%204123111018%20DAFTAR%20GAMBAR.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23293/3/8.%20NIM.%204123111018%20DAFTAR%20TABEL.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23293/1/9.%20NIM.%204123111018%20DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23293/5/10.%20NIM.%204123111018%20BAB%20I.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23293/2/14.%20NIM.%204123111018%20BAB%20V.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23293/6/15.%20NIM.%204123111018%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23293/
ctrlnum 23293
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/23293/</relation><title>UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) MATERI KESEBANGUNAN DAN KEKONGRUENAN KELAS IX SMP NEGERI 3 PERCUT SEI TUAN T.A 2016/ 2017</title><creator>Efriliana, </creator><subject>L Education (General)</subject><subject>LB Theory and practice of education</subject><subject>LB1025 Teaching (Principles and Practice)</subject><subject>LB1603 Secondary Education. High schools</subject><subject>QA Mathematics</subject><subject>QA440 Geometry. Trigonometry. Topology</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share di kelas IX SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX-2 SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 34 orang. Objek penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui model pembelajaran kooperatif think pair share pada pokok bahasan kesebangunan dan kekongruenan di kelas IX SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan tahun ajaran 2016/2017. Berdasarkan analisis data pada tes awal kemampuan komunikasi matematis siswa diperoleh 9 siswa (26,5%) dari 34 siswa telah memiliki kemampuan komunikasi matematis minimal kategori sedang (nilainya 65). Setelah pemberian tindakan pada siklus I melalui pemberian tes kemampuan komunikasi matematis I diperoleh 16 siswa (44,12%) dari 34 siswa telah memiliki kemampuan komunikasi matematis minimal kategori sedang (nilainya 65). Setelah tindakan II, melalui pemberian tes kemampuan komunikasi matematis II diperoleh 28 siswa (82,35%) dari 34 siswa yang telah memiliki kemampuan komunikasi matematis minimal kategori sedang (nilainya 65). Berdasarkan kriteria ketuntasan klasikal maka persentase ketuntasan ini sudah memenuhi. Berdasarkan uraian di atas disimpulkan komunikasi matematis siswa meningkat dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share di kelas IX SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan tahun ajaran 2016/2017.</description><date>2017-01-27</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23293/4/1.%20NIM.%204123111018%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23293/7/2.%20NIM.%204123111018LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23293/9/3.%20NIM.%204123111018%20RIWAYAT%20HIDUP.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23293/8/4.%20NIM.%204123111018%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23293/10/5.%20NIM.%204123111018%20KATA%20PENGANTAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23293/10/6.%20NIM.%204123111018%20DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23293/10/7.%20NIM.%204123111018%20DAFTAR%20GAMBAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23293/3/8.%20NIM.%204123111018%20DAFTAR%20TABEL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23293/1/9.%20NIM.%204123111018%20DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23293/5/10.%20NIM.%204123111018%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23293/2/14.%20NIM.%204123111018%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23293/6/15.%20NIM.%204123111018%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Efriliana, (2017) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) MATERI KESEBANGUNAN DAN KEKONGRUENAN KELAS IX SMP NEGERI 3 PERCUT SEI TUAN T.A 2016/ 2017. Undergraduate thesis, UNIMED. </identifier><recordID>23293</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Efriliana,
title UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) MATERI KESEBANGUNAN DAN KEKONGRUENAN KELAS IX SMP NEGERI 3 PERCUT SEI TUAN T.A 2016/ 2017
publishDate 2017
isbn 204123111018
topic L Education (General)
LB Theory and practice of education
LB1025 Teaching (Principles and Practice)
LB1603 Secondary Education. High schools
QA Mathematics
QA440 Geometry. Trigonometry. Topology
url http://digilib.unimed.ac.id/23293/4/1.%20NIM.%204123111018%20COVER.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23293/7/2.%20NIM.%204123111018LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23293/9/3.%20NIM.%204123111018%20RIWAYAT%20HIDUP.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23293/8/4.%20NIM.%204123111018%20ABSTRAK.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23293/10/5.%20NIM.%204123111018%20KATA%20PENGANTAR.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23293/10/6.%20NIM.%204123111018%20DAFTAR%20ISI.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23293/10/7.%20NIM.%204123111018%20DAFTAR%20GAMBAR.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23293/3/8.%20NIM.%204123111018%20DAFTAR%20TABEL.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23293/1/9.%20NIM.%204123111018%20DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23293/5/10.%20NIM.%204123111018%20BAB%20I.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23293/2/14.%20NIM.%204123111018%20BAB%20V.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23293/6/15.%20NIM.%204123111018%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23293/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share di kelas IX SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX-2 SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 34 orang. Objek penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui model pembelajaran kooperatif think pair share pada pokok bahasan kesebangunan dan kekongruenan di kelas IX SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan tahun ajaran 2016/2017. Berdasarkan analisis data pada tes awal kemampuan komunikasi matematis siswa diperoleh 9 siswa (26,5%) dari 34 siswa telah memiliki kemampuan komunikasi matematis minimal kategori sedang (nilainya 65). Setelah pemberian tindakan pada siklus I melalui pemberian tes kemampuan komunikasi matematis I diperoleh 16 siswa (44,12%) dari 34 siswa telah memiliki kemampuan komunikasi matematis minimal kategori sedang (nilainya 65). Setelah tindakan II, melalui pemberian tes kemampuan komunikasi matematis II diperoleh 28 siswa (82,35%) dari 34 siswa yang telah memiliki kemampuan komunikasi matematis minimal kategori sedang (nilainya 65). Berdasarkan kriteria ketuntasan klasikal maka persentase ketuntasan ini sudah memenuhi. Berdasarkan uraian di atas disimpulkan komunikasi matematis siswa meningkat dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share di kelas IX SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan tahun ajaran 2016/2017.
id IOS3150.23293
institution Universitas Negeri Medan
institution_id 60
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Medan
library_id 564
collection Digital Repository Universitas Negeri Medan
repository_id 3150
subject_area Adat Istiadat
Agama
Akuntansi
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS3150
first_indexed 2017-07-11T01:42:39Z
last_indexed 2017-07-11T01:42:39Z
recordtype dc
_version_ 1766033430319988736
score 17.538404