Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model project based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok listrik arus searah di SMA Swasta YPT Teladan Medan . Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XII IPA Semester I yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara class random sampling. Kelas XII-IPA I sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model project based learning dan kelas XII-IPA 2 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah soal-soal tes hasil belajar berjumlah 10 soal dalam bentuk essay test. Dari analisa data untuk kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model project based learning diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen yaitu 18,46 dengan standard deviasi 7,76 dan nilai rata-rata post-test 70,24 dengan standard deviasi 13,62. Kelas kontrol yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata pretes kelas kontrol yaitu 18,38 dengan standard deviasi 7,14 dan nilai rata-rata post-test 61,29 dengan standard deviasi 13,47. Kedua kelas berdistribusi normal dan memiliki variasi yang homogen. Hasil uji thitung adalah 5,52 sedangkan ttabel adalah 1,67 pada taraf nyata 0,05 artinya 95 % Ha diterima dan 5% Ho ditolak dimana thitung > ttabel (thitung 5,52 > ttabel 1,67). Nilai rata-rata aktivitas belajar siswa selama pembelajaran berlangsung sebesar 62,58 tergolong aktif dan mengalami peningkatan setiap pertemuan. Sehingga diperoleh kesimpulan ada pengaruh yang berarti Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Listrik Arus Searah Kelas XII semester I SMA Swasta YPT Teladan Medan T.P. 2016/2017.