ctrlnum 23235
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/23235/</relation><title>PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP&#xD; HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK ARUS&#xD; SEARAH KELAS XII SEMESTER I SMASWASTAYPT&#xD; TELADANMEDANT.P2016/2017</title><creator>Nainggolan, Vivi Piolita</creator><subject>LB1603 Secondary Education. High schools</subject><subject>QC501 Electricity</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model project based learning&#xD; terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok listrik arus searah di SMA Swasta YPT&#xD; Teladan Medan .&#xD; Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment. Populasi penelitian adalah seluruh siswa&#xD; kelas XII IPA Semester I yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan&#xD; cara class random sampling. Kelas XII-IPA I sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan&#xD; model project based learning dan kelas XII-IPA 2 sebagai kelas kontrol dengan&#xD; menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil&#xD; belajar siswa adalah soal-soal tes hasil belajar berjumlah 10 soal dalam bentuk essay test.&#xD; Dari analisa data untuk kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model&#xD; project based learning diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen yaitu 18,46 dengan&#xD; standard deviasi 7,76 dan nilai rata-rata post-test 70,24 dengan standard deviasi 13,62. Kelas&#xD; kontrol yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata&#xD; pretes kelas kontrol yaitu 18,38 dengan standard deviasi 7,14 dan nilai rata-rata post-test&#xD; 61,29 dengan standard deviasi 13,47. Kedua kelas berdistribusi normal dan memiliki variasi&#xD; yang homogen. Hasil uji thitung adalah 5,52 sedangkan ttabel adalah 1,67 pada taraf nyata 0,05&#xD; artinya 95 % Ha diterima dan 5% Ho ditolak dimana thitung &gt; ttabel (thitung 5,52 &gt; ttabel 1,67).&#xD; Nilai rata-rata aktivitas belajar siswa selama pembelajaran berlangsung sebesar 62,58&#xD; tergolong aktif dan mengalami peningkatan setiap pertemuan. Sehingga diperoleh kesimpulan&#xD; ada pengaruh yang berarti Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar&#xD; Siswa Pada Materi Pokok Listrik Arus Searah Kelas XII semester I SMA Swasta YPT&#xD; Teladan Medan T.P. 2016/2017.</description><date>2017-01-27</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23235/1/1.%20NIM.4123121080%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23235/2/2.%20NIM.4123121080%20APPROVAL%20SHEET.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23235/3/3.%20NIM.4123121080%20ABSTRACT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23235/4/4.%20NIM.4123121080%20PREFACE.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23235/5/5.%20NIM.4123121080%20TABLE%20OF%20CONTENT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23235/6/6.%20NIM.412121080%20ILLUSTRATION.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23235/7/7.%20NIM.4123121080%20TABLES.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23235/8/8.NIM.4123121080%20APPENDICES.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23235/9/9.%20NIM.4123121080%20CHAPTER%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23235/10/13.%20NIM.4123121080%20CHAPTER%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23235/11/14.%20NIM.4123121080%20BIBLIOGRAPHY.pdf</identifier><identifier> Nainggolan, Vivi Piolita (2017) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK ARUS SEARAH KELAS XII SEMESTER I SMASWASTAYPT TELADANMEDANT.P2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED. </identifier><recordID>23235</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Nainggolan, Vivi Piolita
title PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK ARUS SEARAH KELAS XII SEMESTER I SMASWASTAYPT TELADANMEDANT.P2016/2017
publishDate 2017
isbn 9784123121088
topic LB1603 Secondary Education. High schools
QC501 Electricity
url http://digilib.unimed.ac.id/23235/1/1.%20NIM.4123121080%20COVER.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23235/2/2.%20NIM.4123121080%20APPROVAL%20SHEET.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23235/3/3.%20NIM.4123121080%20ABSTRACT.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23235/4/4.%20NIM.4123121080%20PREFACE.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23235/5/5.%20NIM.4123121080%20TABLE%20OF%20CONTENT.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23235/6/6.%20NIM.412121080%20ILLUSTRATION.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23235/7/7.%20NIM.4123121080%20TABLES.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23235/8/8.NIM.4123121080%20APPENDICES.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23235/9/9.%20NIM.4123121080%20CHAPTER%20I.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23235/10/13.%20NIM.4123121080%20CHAPTER%20V.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23235/11/14.%20NIM.4123121080%20BIBLIOGRAPHY.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23235/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model project based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok listrik arus searah di SMA Swasta YPT Teladan Medan . Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XII IPA Semester I yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara class random sampling. Kelas XII-IPA I sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model project based learning dan kelas XII-IPA 2 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah soal-soal tes hasil belajar berjumlah 10 soal dalam bentuk essay test. Dari analisa data untuk kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model project based learning diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen yaitu 18,46 dengan standard deviasi 7,76 dan nilai rata-rata post-test 70,24 dengan standard deviasi 13,62. Kelas kontrol yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata pretes kelas kontrol yaitu 18,38 dengan standard deviasi 7,14 dan nilai rata-rata post-test 61,29 dengan standard deviasi 13,47. Kedua kelas berdistribusi normal dan memiliki variasi yang homogen. Hasil uji thitung adalah 5,52 sedangkan ttabel adalah 1,67 pada taraf nyata 0,05 artinya 95 % Ha diterima dan 5% Ho ditolak dimana thitung > ttabel (thitung 5,52 > ttabel 1,67). Nilai rata-rata aktivitas belajar siswa selama pembelajaran berlangsung sebesar 62,58 tergolong aktif dan mengalami peningkatan setiap pertemuan. Sehingga diperoleh kesimpulan ada pengaruh yang berarti Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Listrik Arus Searah Kelas XII semester I SMA Swasta YPT Teladan Medan T.P. 2016/2017.
id IOS3150.23235
institution Universitas Negeri Medan
institution_id 60
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Medan
library_id 564
collection Digital Repository Universitas Negeri Medan
repository_id 3150
subject_area Adat Istiadat
Agama
Akuntansi
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS3150
first_indexed 2017-02-25T17:15:31Z
last_indexed 2017-02-25T17:15:31Z
recordtype dc
_version_ 1766033429778923520
score 17.538404