PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK ARUS SEARAH KELAS XII SEMESTER I SMASWASTAYPT TELADANMEDANT.P2016/2017
ctrlnum |
23235 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/23235/</relation><title>PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP
HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK ARUS
SEARAH KELAS XII SEMESTER I SMASWASTAYPT
TELADANMEDANT.P2016/2017</title><creator>Nainggolan, Vivi Piolita</creator><subject>LB1603 Secondary Education. High schools</subject><subject>QC501 Electricity</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model project based learning
terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok listrik arus searah di SMA Swasta YPT
Teladan Medan .
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment. Populasi penelitian adalah seluruh siswa
kelas XII IPA Semester I yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan
cara class random sampling. Kelas XII-IPA I sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan
model project based learning dan kelas XII-IPA 2 sebagai kelas kontrol dengan
menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil
belajar siswa adalah soal-soal tes hasil belajar berjumlah 10 soal dalam bentuk essay test.
Dari analisa data untuk kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model
project based learning diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen yaitu 18,46 dengan
standard deviasi 7,76 dan nilai rata-rata post-test 70,24 dengan standard deviasi 13,62. Kelas
kontrol yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata
pretes kelas kontrol yaitu 18,38 dengan standard deviasi 7,14 dan nilai rata-rata post-test
61,29 dengan standard deviasi 13,47. Kedua kelas berdistribusi normal dan memiliki variasi
yang homogen. Hasil uji thitung adalah 5,52 sedangkan ttabel adalah 1,67 pada taraf nyata 0,05
artinya 95 % Ha diterima dan 5% Ho ditolak dimana thitung > ttabel (thitung 5,52 > ttabel 1,67).
Nilai rata-rata aktivitas belajar siswa selama pembelajaran berlangsung sebesar 62,58
tergolong aktif dan mengalami peningkatan setiap pertemuan. Sehingga diperoleh kesimpulan
ada pengaruh yang berarti Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar
Siswa Pada Materi Pokok Listrik Arus Searah Kelas XII semester I SMA Swasta YPT
Teladan Medan T.P. 2016/2017.</description><date>2017-01-27</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23235/1/1.%20NIM.4123121080%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23235/2/2.%20NIM.4123121080%20APPROVAL%20SHEET.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23235/3/3.%20NIM.4123121080%20ABSTRACT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23235/4/4.%20NIM.4123121080%20PREFACE.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23235/5/5.%20NIM.4123121080%20TABLE%20OF%20CONTENT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23235/6/6.%20NIM.412121080%20ILLUSTRATION.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23235/7/7.%20NIM.4123121080%20TABLES.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23235/8/8.NIM.4123121080%20APPENDICES.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23235/9/9.%20NIM.4123121080%20CHAPTER%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23235/10/13.%20NIM.4123121080%20CHAPTER%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23235/11/14.%20NIM.4123121080%20BIBLIOGRAPHY.pdf</identifier><identifier> Nainggolan, Vivi Piolita (2017) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK ARUS SEARAH KELAS XII SEMESTER I SMASWASTAYPT TELADANMEDANT.P2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED. </identifier><recordID>23235</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Nainggolan, Vivi Piolita |
title |
PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP
HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK ARUS
SEARAH KELAS XII SEMESTER I SMASWASTAYPT
TELADANMEDANT.P2016/2017 |
publishDate |
2017 |
isbn |
9784123121088 |
topic |
LB1603 Secondary Education. High schools QC501 Electricity |
url |
http://digilib.unimed.ac.id/23235/1/1.%20NIM.4123121080%20COVER.pdf http://digilib.unimed.ac.id/23235/2/2.%20NIM.4123121080%20APPROVAL%20SHEET.pdf http://digilib.unimed.ac.id/23235/3/3.%20NIM.4123121080%20ABSTRACT.pdf http://digilib.unimed.ac.id/23235/4/4.%20NIM.4123121080%20PREFACE.pdf http://digilib.unimed.ac.id/23235/5/5.%20NIM.4123121080%20TABLE%20OF%20CONTENT.pdf http://digilib.unimed.ac.id/23235/6/6.%20NIM.412121080%20ILLUSTRATION.pdf http://digilib.unimed.ac.id/23235/7/7.%20NIM.4123121080%20TABLES.pdf http://digilib.unimed.ac.id/23235/8/8.NIM.4123121080%20APPENDICES.pdf http://digilib.unimed.ac.id/23235/9/9.%20NIM.4123121080%20CHAPTER%20I.pdf http://digilib.unimed.ac.id/23235/10/13.%20NIM.4123121080%20CHAPTER%20V.pdf http://digilib.unimed.ac.id/23235/11/14.%20NIM.4123121080%20BIBLIOGRAPHY.pdf http://digilib.unimed.ac.id/23235/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model project based learning
terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok listrik arus searah di SMA Swasta YPT
Teladan Medan .
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment. Populasi penelitian adalah seluruh siswa
kelas XII IPA Semester I yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan
cara class random sampling. Kelas XII-IPA I sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan
model project based learning dan kelas XII-IPA 2 sebagai kelas kontrol dengan
menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil
belajar siswa adalah soal-soal tes hasil belajar berjumlah 10 soal dalam bentuk essay test.
Dari analisa data untuk kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model
project based learning diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen yaitu 18,46 dengan
standard deviasi 7,76 dan nilai rata-rata post-test 70,24 dengan standard deviasi 13,62. Kelas
kontrol yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata
pretes kelas kontrol yaitu 18,38 dengan standard deviasi 7,14 dan nilai rata-rata post-test
61,29 dengan standard deviasi 13,47. Kedua kelas berdistribusi normal dan memiliki variasi
yang homogen. Hasil uji thitung adalah 5,52 sedangkan ttabel adalah 1,67 pada taraf nyata 0,05
artinya 95 % Ha diterima dan 5% Ho ditolak dimana thitung > ttabel (thitung 5,52 > ttabel 1,67).
Nilai rata-rata aktivitas belajar siswa selama pembelajaran berlangsung sebesar 62,58
tergolong aktif dan mengalami peningkatan setiap pertemuan. Sehingga diperoleh kesimpulan
ada pengaruh yang berarti Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar
Siswa Pada Materi Pokok Listrik Arus Searah Kelas XII semester I SMA Swasta YPT
Teladan Medan T.P. 2016/2017. |
id |
IOS3150.23235 |
institution |
Universitas Negeri Medan |
institution_id |
60 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Medan |
library_id |
564 |
collection |
Digital Repository Universitas Negeri Medan |
repository_id |
3150 |
subject_area |
Adat Istiadat Agama Akuntansi |
city |
KOTA MEDAN |
province |
SUMATERA UTARA |
repoId |
IOS3150 |
first_indexed |
2017-02-25T17:15:31Z |
last_indexed |
2017-02-25T17:15:31Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1766033429778923520 |
score |
17.538404 |