Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok fluida statis kelas XI SMA Negeri 11 Medan T.P. 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 11 Medan yang terdiri dari 5 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan cluster random sampling, yaitu kelas XI IPA 2 dengan menggunakan model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together dan kelas XI IPA 1 dengan menggunakan Pembelajaran Konvensional. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes yang berbentuk pilihan ganda untuk soal pre-test dan post-test yang dibuat sebanyak 20 soal dan terdiri dari 5 pilihan jawaban dan lembar observasi aktivitas siswa. Untuk menguji hipotesis digunakan uji beda, setelah uji prasyarat dilakukan , yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Dari analisis data diperoleh skor rata-rata pretes kelas eksperimen 39,42 dengan standar deviasi 12,93 dan rata-rata postes 78 dengan standar deviasi 10,92, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretes kelas kontrol 36,71 dengan standar deviasi 10,49 dan rata-rata nilai postes 65,14 dengan standar deviasi 10,81. Kedua kelas menunjukkan berdistribusi normal dan varians kedua kelas homogen. Hasil pengujian menggunakan uji t, diperoleh thitung = 4,96 dan ttabel =1,669, sehingga thitung > ttabel (4,96 > 1,669) artinya bahwa ada pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok fluida statis kelas XI semester II SMA Negeri 11 Medan TP. 2015/2016. Aktivitas belajar siswa pada setiap pertemuan juga meningkat. Jadi, aktivitas sangat berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar.