ctrlnum 23143
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/23143/</relation><title>PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 18 MEDAN T.P. 2015/2016</title><creator>Sirait, Nove Rosalina</creator><subject>L Education (General)</subject><subject>LB Theory and practice of education</subject><subject>LB1025 Teaching (Principles and Practice)</subject><subject>LB1603 Secondary Education. High schools</subject><subject>QC Physics</subject><subject>QC251 Heat</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor di SMA Negeri 18 Medan T.P. 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA Semester II yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling. Dengan mengambil 2 kelas dari 3 kelas secara acak, yaitu kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan kelas X IPA 3 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional yang masing-masing berjumlah 32 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa yang berjumlah 6 soal dalam bentuk essay test, lembar observasi sikap, lembar observasi keterampilan, dan lembar observasi aktivitas. Uji hipotesis menggunakan uji t dengan taraf &#x3B1; = 0,05. Hasil pengujian awal melalui pretes diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen yaitu 11,7 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol yaitu 10,0. Pengujian data pretes melalui uji normalitas menunjukkan kedua sampel berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,55 dan Ftabel = 2,37 sehingga Fhitung&lt; Ftabel, maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Hasil analisis data dari uji t dua pihak diperoleh thitung = 1,624 &lt; ttabel = 1,999 sehingga H0 diterima berarti kedua kelas sampel memiliki kemampuan awal yang sama. Nilai rata-rata postes kelas eksperimen = 50,2 dan kelas kontrol = 41,7. Hasil analisis uji t satu pihak diperoleh thitung = 1,692 dan ttabel = 1,667 sehingga thitung &gt; ttabel, maka H0 ditolak dan Ha diterima berarti ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X semester II SMA Negeri 18 Medan T.P. 2015/2016.</description><date>2017-01-19</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23143/4/1.%20NIM.%204121121019_COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23143/4/2.%20NIM.%204121121019_APPROVAL%20SHEET.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23143/7/3.%20NIM.%204121121019_ABSTRACT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23143/5/4.%20NIM.%204121121019_PREFACE.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23143/7/5.%20NIM.%204121121019_TABLE%20OF%20CONTENT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23143/6/6.%20NIM.%204121121019_ILLUSTRATION.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23143/8/7.%20NIM.%204121121019_TABLES.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23143/3/8.%20NIM.%204121121019_APPENDICS.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23143/2/9.%20NIM.%204121121019_CHAPTER%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23143/1/13.%20NIM.%204121121019_CHAPTER%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23143/1/14.%20NIM.%204121121019_BIBLOGRAPHY.pdf</identifier><identifier> Sirait, Nove Rosalina (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 18 MEDAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED. </identifier><recordID>23143</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Sirait, Nove Rosalina
title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 18 MEDAN T.P. 2015/2016
publishDate 2017
isbn 204121121019
topic L Education (General)
LB Theory and practice of education
LB1025 Teaching (Principles and Practice)
LB1603 Secondary Education. High schools
QC Physics
QC251 Heat
url http://digilib.unimed.ac.id/23143/4/1.%20NIM.%204121121019_COVER.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23143/4/2.%20NIM.%204121121019_APPROVAL%20SHEET.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23143/7/3.%20NIM.%204121121019_ABSTRACT.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23143/5/4.%20NIM.%204121121019_PREFACE.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23143/7/5.%20NIM.%204121121019_TABLE%20OF%20CONTENT.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23143/6/6.%20NIM.%204121121019_ILLUSTRATION.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23143/8/7.%20NIM.%204121121019_TABLES.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23143/3/8.%20NIM.%204121121019_APPENDICS.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23143/2/9.%20NIM.%204121121019_CHAPTER%20I.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23143/1/13.%20NIM.%204121121019_CHAPTER%20V.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23143/1/14.%20NIM.%204121121019_BIBLOGRAPHY.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23143/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor di SMA Negeri 18 Medan T.P. 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA Semester II yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling. Dengan mengambil 2 kelas dari 3 kelas secara acak, yaitu kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan kelas X IPA 3 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional yang masing-masing berjumlah 32 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa yang berjumlah 6 soal dalam bentuk essay test, lembar observasi sikap, lembar observasi keterampilan, dan lembar observasi aktivitas. Uji hipotesis menggunakan uji t dengan taraf α = 0,05. Hasil pengujian awal melalui pretes diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen yaitu 11,7 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol yaitu 10,0. Pengujian data pretes melalui uji normalitas menunjukkan kedua sampel berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,55 dan Ftabel = 2,37 sehingga Fhitung< Ftabel, maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Hasil analisis data dari uji t dua pihak diperoleh thitung = 1,624 < ttabel = 1,999 sehingga H0 diterima berarti kedua kelas sampel memiliki kemampuan awal yang sama. Nilai rata-rata postes kelas eksperimen = 50,2 dan kelas kontrol = 41,7. Hasil analisis uji t satu pihak diperoleh thitung = 1,692 dan ttabel = 1,667 sehingga thitung > ttabel, maka H0 ditolak dan Ha diterima berarti ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X semester II SMA Negeri 18 Medan T.P. 2015/2016.
id IOS3150.23143
institution Universitas Negeri Medan
institution_id 60
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Medan
library_id 564
collection Digital Repository Universitas Negeri Medan
repository_id 3150
subject_area Adat Istiadat
Agama
Akuntansi
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS3150
first_indexed 2017-02-25T17:15:31Z
last_indexed 2017-02-25T17:15:31Z
recordtype dc
_version_ 1766033429134049280
score 17.538404