Daftar Isi:
  • Penelitian telah dilakukan dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Suhu dan Kalor Kelas X Semester Genap SMA Negeri 1 Gebang T.P. 2015/2016” yang bertujuan untuk : mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Inquiry Training dan pembelajaran konvensional, serta mengetahui aktivitas belajar siswa dan pengaruh yang signifikan menggunakan model pembelajaran Inquiry Training. Jenis penelitian adalah quasi experiment, dengan teknik pengambilan sampel secara cluster random sampling. Kelas eksperimen adalah kelas X MIA-3 yang berjumlah 30 siswa dan kelas kontrol adalah kelas X MIA-4 yang berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes essay sebanyak 7 soal yang telah divalidkan dan lembar observasi siswa. Pretes diberikan sebelum diberikan perlakuan dengan kemampuan kedua kelas adalah sama. Kelas eksperimen dengan model Inquiry Training dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Hasil penelitian diperoleh bahwa hasil belajar siswa di kelas eksperimen mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata sebesar 78,33. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t diperoleh Ha diterima, H0 ditolak sehingga ditarik kesimpulan ada pengaruh model pembelajaran Inquiry Training terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor kelas x semester genap SMA Negeri 1 Gebang T.P. 2015/2016