ctrlnum 23133
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/23133/</relation><title>PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS KELAS XI DI SMAN UNGGUL SUBULUSSALAM T.P. 2015/2016</title><creator>Handayani, Shanti</creator><subject>L Education (General)</subject><subject>LB Theory and practice of education</subject><subject>LB1025 Teaching (Principles and Practice)</subject><subject>LB1603 Secondary Education. High schools</subject><subject>QC Physics</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok fluida statis kelas XI semester genap di SMAN Unggul Subulussalam T.P 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan menggunakan desain penelitian two group pretest-postest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN Unggul Subulussalam yang terdiri dari 3 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas XI IPA 3 dengan 31 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 dengan 31 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Pada penelitian ini diberikan pretes dan postes pada kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan menggunakan tes hasil belajar. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 65.8 dan nilai rata-rata kelas kontrol 62.6, kemudian dilakukan pengujian normalitas dan homogenitas pada data pretes dan didapatkan kedua kelas berdistribusi normal dan berasal dari kelompok yang homogen. Setelah itu dilakukan uji kesamaan rata-rata pretes untuk melihat kemampuan awal siswa pada kedua kelas, diperoleh bahwa hasil belajar siswa pada kelas eksperimen sama dengan hasil belajar siswa pada kelas kontrol pada materi Fluida Statis. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model kooperatif tipe group investigation dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 82.5 dengan dan kelas kontrol 76.1. &#xD; Hasil uji t satu pihak dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh &gt; (3.9 &gt; 1.67), maka Ho di tolak dan Ha di terima dengan kata lain bahwa hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih baik dibandingkan hasil belajar siswa pada kelas kontrol, berarti ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok fluida statis kelas XI semester genap di SMAN Unggul Subulussalam T.P 2015/2016. Aktivitas siswa selama proses pembelajaran di kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata 73.94 tergolong ke dalam kategori aktif.</description><date>2017-01-27</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23133/3/1.%20NIM%204122121018%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23133/3/2.%20NIM%204122121018%20APPROVAL%20SHEET.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23133/5/3%20.%20NIM%204122121018%20ABSTRACT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23133/6/4%20.%20NIM%204122121018%20PREFACE.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23133/7/5%20.%20NIM%204122121018%20TABLE%20OF%20CONTENT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23133/8/6%20.%20NIM%204122121018%20ILLUSTRATION.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23133/9/7%20.%20NIM%204122121018%20TABLES.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23133/4/8.%20NIM%204122121018%20APPENDICS.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23133/1/9.%20NIM%204122121018%20CHAPTER%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23133/1/13.%20NIM%204122121018%20CHAPTER%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23133/2/14.%20NIM%204122121018%20BIBLIOGRAPHY.pdf</identifier><identifier> Handayani, Shanti (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS KELAS XI DI SMAN UNGGUL SUBULUSSALAM T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED. </identifier><recordID>23133</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Handayani, Shanti
title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS KELAS XI DI SMAN UNGGUL SUBULUSSALAM T.P. 2015/2016
publishDate 2017
isbn 204122121018
topic L Education (General)
LB Theory and practice of education
LB1025 Teaching (Principles and Practice)
LB1603 Secondary Education. High schools
QC Physics
url http://digilib.unimed.ac.id/23133/3/1.%20NIM%204122121018%20COVER.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23133/3/2.%20NIM%204122121018%20APPROVAL%20SHEET.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23133/5/3%20.%20NIM%204122121018%20ABSTRACT.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23133/6/4%20.%20NIM%204122121018%20PREFACE.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23133/7/5%20.%20NIM%204122121018%20TABLE%20OF%20CONTENT.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23133/8/6%20.%20NIM%204122121018%20ILLUSTRATION.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23133/9/7%20.%20NIM%204122121018%20TABLES.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23133/4/8.%20NIM%204122121018%20APPENDICS.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23133/1/9.%20NIM%204122121018%20CHAPTER%20I.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23133/1/13.%20NIM%204122121018%20CHAPTER%20V.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23133/2/14.%20NIM%204122121018%20BIBLIOGRAPHY.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23133/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok fluida statis kelas XI semester genap di SMAN Unggul Subulussalam T.P 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan menggunakan desain penelitian two group pretest-postest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN Unggul Subulussalam yang terdiri dari 3 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas XI IPA 3 dengan 31 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 dengan 31 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Pada penelitian ini diberikan pretes dan postes pada kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan menggunakan tes hasil belajar. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 65.8 dan nilai rata-rata kelas kontrol 62.6, kemudian dilakukan pengujian normalitas dan homogenitas pada data pretes dan didapatkan kedua kelas berdistribusi normal dan berasal dari kelompok yang homogen. Setelah itu dilakukan uji kesamaan rata-rata pretes untuk melihat kemampuan awal siswa pada kedua kelas, diperoleh bahwa hasil belajar siswa pada kelas eksperimen sama dengan hasil belajar siswa pada kelas kontrol pada materi Fluida Statis. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model kooperatif tipe group investigation dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 82.5 dengan dan kelas kontrol 76.1. Hasil uji t satu pihak dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh > (3.9 > 1.67), maka Ho di tolak dan Ha di terima dengan kata lain bahwa hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih baik dibandingkan hasil belajar siswa pada kelas kontrol, berarti ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok fluida statis kelas XI semester genap di SMAN Unggul Subulussalam T.P 2015/2016. Aktivitas siswa selama proses pembelajaran di kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata 73.94 tergolong ke dalam kategori aktif.
id IOS3150.23133
institution Universitas Negeri Medan
institution_id 60
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Medan
library_id 564
collection Digital Repository Universitas Negeri Medan
repository_id 3150
subject_area Adat Istiadat
Agama
Akuntansi
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS3150
first_indexed 2017-02-25T17:15:29Z
last_indexed 2017-02-25T17:15:29Z
recordtype dc
_version_ 1766033429086863360
score 17.538404