Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan antara Self Regulated Learning dengan prestasi belajar siswa?, apakah terdapat hubungan antara kemampuan berpikir kreatif dengan prestasi belajar siswa?, serta apakah terdapat hubungan antara Self Regulated Learning dan kemampuan berpikir kreatif dengan prestasi belajar Ekonomi siswa kelas XI IPS SMAN 1 Selesai T.A 2016/2017?. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Selesai, di Jln. Binjai – Selayang Simp. Selesai, Kab. Langkat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMAN 1 Selesai yang berjumlah 103 orang. Sampel dari penelitian ini adalah sebanyak 53 orang siswa dengan metode sistematis sampling. Instrumen data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Setelah data diperoleh dan digunakan analisis data dengan menggunakan program aplikasi SPSS 20, diperoleh antara Self Regulated Learning dengan prestasi belajar dengan thitung > ttabel yaitu 2,059 > 2,00758, dengan nilai signifikan (sig.) 0,045 pada 95% atau ɑ = 0,05, nilai antara kemampuan berpikir kreatif dengan prestasi belajar dengan thitung > ttabel yaitu > 2,00758, dengan nilai signifikan (sig.) 0,014 pada 95% atau ɑ = 0,05. Dan diperoleh nilai antara Self Regulated Learning dan kemampuan berpikir kreatif dengan prestasi belajar Ekonomi dengan Fhitung > Ftabel yaitu 3,283 > 3,18 dengan nilai signifikan (sig.) 0,046 pada 95% atau ɑ = 0,05 dan sumbangan secara simultan sebesar 11,6 % dan 88,4% dipengaruhi variabel lain. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara Self Regulated Learning dan kemampuan berpikir kreatif dengan Prestasi Belajar Ekonomi siswa kelas XI IPS SMAN 1 Selesai T.A 2016/2017.