ctrlnum 23015
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/23015/</relation><title>PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS FISIKA SISWA PADA MATERI POKOK BESARAN DAN SATUAN</title><creator>Sitepu, Dewi Ratna Pertiwi</creator><subject>L Education (General)</subject><subject>LB Theory and practice of education</subject><subject>LB1025 Teaching (Principles and Practice)</subject><subject>QC Physics</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inquiry Training terhadap keterampilan proses sains fisika siswa selama proses pembelajaran dengan model pembelajaran Inquiry Training menggunakan macromedia flash pada materi pokok Besaran dan Satuan kelas X SMA Negeri 7 Tanjung Balai T.P. 2016/2017.&#xD; Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain two group Pre-test dan Pos-test. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 7 Tanjung Balai T.P. 201/2017 yang terdiri dari 7 kelas berjumlah 245 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling yang mengambil 2 kelas dari 7 kelas, yaitu kelas X -1 sebagai kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran Inquiry Training, dan kelas X-4 sebagai kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional, masing-masing kelas sebanyak 35 siswa. Data penelitian ini diperoleh menggunakan instrument essay test dalam bentuk keterampilan proses sains berjumlah 6 item soal yang telah divalidkan oleh validator, observasi sikap dan keterampilan siswa berupa lembar penilaian yang digunakan oleh observer. Uji hipotesis menggunakan uji t.&#xD; Berdasarkan analisa data, nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen 32,06 dan nilai pre-test rata-rata kelas kontrol 31,74. Setelah pembelajaran selesai diberikan pos-test dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 75,49 dan kelas kontrol 69,27. Dari hasil uji t diperoleh thitung= 10,42 sedangkan ttabel = 1,67. Karena thitung &gt; ttabel (10,42 &gt; 1,67) maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh akibat perbedaan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Inquiry Training menggunakan Macromedia Flash lebih baik dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional.</description><date>2017-01-18</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23015/3/1.%20NIM%204123321013%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23015/7/2.%20NIM%204123321013%20APPROVAL%20SHEET.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23015/8/3.%20NIM%204123321013%20BIOGRAPHY.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23015/10/4.%20NIM%204123321013%20ABSTRACT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23015/9/5.%20NIM%204123321013%20PREFACE.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23015/11/6.%20NIM%204123321013%20TABLE%20OF%20CONTENT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23015/12/7.%20NIM%204123321013%20TABLES.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23015/4/8.%20NIM%204123321013%20ILLUSTRATION.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23015/1/9.%20NIM%204123321013%20APPENDICES.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23015/2/10.%20NIM%204123321013%20CHAPTER%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23015/5/14.%20NIM%204123321013%20CHAPTER%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23015/6/15.%20NIM%204123321013%20BIBLIOGRAPHY.pdf</identifier><identifier> Sitepu, Dewi Ratna Pertiwi (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS FISIKA SISWA PADA MATERI POKOK BESARAN DAN SATUAN. Undergraduate thesis, UNIMED. </identifier><recordID>23015</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Sitepu, Dewi Ratna Pertiwi
title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS FISIKA SISWA PADA MATERI POKOK BESARAN DAN SATUAN
publishDate 2017
isbn 204123321013
topic L Education (General)
LB Theory and practice of education
LB1025 Teaching (Principles and Practice)
QC Physics
url http://digilib.unimed.ac.id/23015/3/1.%20NIM%204123321013%20COVER.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23015/7/2.%20NIM%204123321013%20APPROVAL%20SHEET.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23015/8/3.%20NIM%204123321013%20BIOGRAPHY.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23015/10/4.%20NIM%204123321013%20ABSTRACT.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23015/9/5.%20NIM%204123321013%20PREFACE.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23015/11/6.%20NIM%204123321013%20TABLE%20OF%20CONTENT.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23015/12/7.%20NIM%204123321013%20TABLES.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23015/4/8.%20NIM%204123321013%20ILLUSTRATION.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23015/1/9.%20NIM%204123321013%20APPENDICES.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23015/2/10.%20NIM%204123321013%20CHAPTER%20I.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23015/5/14.%20NIM%204123321013%20CHAPTER%20V.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23015/6/15.%20NIM%204123321013%20BIBLIOGRAPHY.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23015/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inquiry Training terhadap keterampilan proses sains fisika siswa selama proses pembelajaran dengan model pembelajaran Inquiry Training menggunakan macromedia flash pada materi pokok Besaran dan Satuan kelas X SMA Negeri 7 Tanjung Balai T.P. 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain two group Pre-test dan Pos-test. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 7 Tanjung Balai T.P. 201/2017 yang terdiri dari 7 kelas berjumlah 245 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling yang mengambil 2 kelas dari 7 kelas, yaitu kelas X -1 sebagai kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran Inquiry Training, dan kelas X-4 sebagai kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional, masing-masing kelas sebanyak 35 siswa. Data penelitian ini diperoleh menggunakan instrument essay test dalam bentuk keterampilan proses sains berjumlah 6 item soal yang telah divalidkan oleh validator, observasi sikap dan keterampilan siswa berupa lembar penilaian yang digunakan oleh observer. Uji hipotesis menggunakan uji t. Berdasarkan analisa data, nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen 32,06 dan nilai pre-test rata-rata kelas kontrol 31,74. Setelah pembelajaran selesai diberikan pos-test dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 75,49 dan kelas kontrol 69,27. Dari hasil uji t diperoleh thitung= 10,42 sedangkan ttabel = 1,67. Karena thitung > ttabel (10,42 > 1,67) maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh akibat perbedaan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Inquiry Training menggunakan Macromedia Flash lebih baik dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional.
id IOS3150.23015
institution Universitas Negeri Medan
institution_id 60
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Medan
library_id 564
collection Digital Repository Universitas Negeri Medan
repository_id 3150
subject_area Adat Istiadat
Agama
Akuntansi
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS3150
first_indexed 2017-02-25T17:15:27Z
last_indexed 2017-02-25T17:15:27Z
recordtype dc
_version_ 1766033428316160000
score 17.538404