Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas belajar dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think pair and share pada mata pelajaran proses dasar pembentukan logam pada siswa kelas X Otomotif di SMK Swasta Tealadan Medan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Peneltian ini dilakukan pada tanggal 15 Oktober - 12 November 2014. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 34 orang siswa dari kelas X Otomotif SMK Swasta Teladan Medan. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah catatan lapangan, lembar observasi aktivitas belajar siswa dan tes hasil belajar siswa. Dari hasil analisis data ditemukan bahwa persentase kegiatan belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think pair and share meningkat sebesar 50% dari siklus I yaitu 38,2% menjadi 88,2% pada siklus II. Peningkatan aktifitas siswa membuat hasil belajar siswa meningkat. Hal ini dapat dilihat dari persentase hasil belajar siswa dari siklus I. jumlah siswa yang dikategorikan tuntas hanya 13 orang atau 67,6% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 30 orang yang dikategorikan tuntas atau 95,5% dari total jumlah siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think pair and share dapat meningkatkan aktifitas belajar dan hasil belajar siswa kelas X di SMK Swasta Teladan Medan pada mata pelajaran proses dasar pembentukan logam pada tahun ajaran 2014/2015.