Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kemampuan membaca desain pada siswa kelas XI Busana Butik SMK Negeri 3 Pematangsiantar; (2) kemampuan merubah pola busana kerja pada siswa kelas XI Busana Butik SMK Negeri 3 Pematangsiantar; (3) Hubungan yang positif antara Kemampuan Membaca Desain Terhadap Kemampuan Merubah Pola Busana Kerja Pada Siswa Kelas XI Busana Butik SMK Negeri 3 Pematang Siantar. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI Jurusan Tata Busana Butik SMK Negeri 3 Pematangsiantar sebanyak tiga kelas dengan jumlah 61 orang. Pengambilan sampel digunakan teknik purposive sampling, sehingga jumlah sampel penelitian adalah 22 orang siswa kelas XI Busana Butik. Metode pengumpulan data menggunakan tes kemampuan membaca desain dan pengamatan kemampuan merubah pola busana kerja. Analisis data menggunakan teknik deskriptif, persyaratan analisis dengan uji normalitas, uji linieritas dan uji hipotesis dengan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca desain dikategorikan cenderung cukup sebesar 77,3% dan hasil kemampuan merubah pola busana kerja cenderung cukup sebesar 50%. Uji linieritas dan uji keberartian persamaan regresi, untuk persamaan regresi Y dan X diperoleh persamaan Y= 5,340 + 0,306 X mempunyai hubungan yang linier pada taraf signifikasi 5% karena untuk uji linier Fhitung < Ftabel (1,775 < 2,83) dan koefisien arah regresi Y atas X adalah berarti karena Fhitung > Ftabel (13,610 > 4,35). Dari hasil analisis korelasi diperoleh rxy sebesar 0,636 sedangkan nilai rtabel pada taraf signifikan 5% dengan N=22 adalah sebesar 0,423. Dengan demikian. harga rxy > rhitung (0,636 > 0,423) dan harga thitung > ttabel (3,686 > 2,085). Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara Kemampuan Membaca Desain dengan Kemampuan Merubah Pola Busana Kerja siswa kelas XI Busana Butik SMK Negeri 3 Pematang Siantar