Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk (1). Untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa tentang pembuatan pola rok lipit hadap dengan menggunakan metode latihan pada siswa kelas X TB 2 SMK Negeri 3 Pematang Siantar. (2). Untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa membuat pola rok lipit hadap dengan menggunakan metode demonstrasi pada siswa kelas X TB 3 SMK Negeri 3 Pematang Siantar.(3). Untuk mengetahui pengaruh hasil belajar membuat pola rok lipit dengan menggunakan metode latihan dan metode demonstrasi pada siswa kelas X TB 3 SMK Negeri 3 Pematang Siantar.Sampel penelitian diperoleh dengan teknik acak yaitu dengan mengambil dua kelas sebagai sampel penelitian, maka sampel penelitian ini adalah kelas X TB-2 untuk metode latihan yang berjumlah 30 orang dan kelas XTB-3 untuk metode demonstrasi yang berjumlah 30 orang sehingga jumlah keseluruhan sampel adalah 60 orang yang sama-sama memperoleh pelajaran membuat pola rok. Penelitian ini menggunakan metode penelitian statistik parametris. Untuk menguji normalitas data digunakan uji lilliefors pada taraf kepercayaan (α) sebesar 0,05. Pada kelas yang menggunakan metode latihan diperoleh Lhitung = 0,454 dan Ltabel= 0,161, dengan demikian Lo ≤ Ltabel artinya data berdistribusi normal, pada pembelajaran siswa dengan metode demonstrasi diperoleh Lhitung = 0,010 dan Ltabel= 0,161, dengan demikian Lo ≤ Ltabel artinya data berdistribusi normal. Untuk menguji homogenitas dilakukan dengan kesamaan dua varians maka diperoleh Fhitung =1,02 dibandingkan dengan Ftabel = 1,89 berarti Fhitung<Ftabel (1,02 < 1,89) Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa varians data adalah homogen. Pengujian hipotesis dengan uji t-test diperoleh harga thitung lebih besar dari harga ttabel (16,46>1,679). dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulannya Hasil membuat pola rok yang diajar dengan metode latihan lebih tinggi dari hasil membuat pola rok dengan metode demonstrasi pada siswa kelas X SMK Negeri 3 Pematang Siantar