Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar membuat pola blus mata pelajaran membuat pola busana wanita pada siswa kelas XI yang menggunakan media alat lebar gantung dan media papan tulis SMK Negeri 1 Kisaran. Populasi pada penilitian ini adalah siswa kelas XI program keahlian Tata Busana di SMK Negeri 1 Kisaran. Metode dalam penelitian ini adalah komparatif. Sampel penelitian diperoleh dengan teknik sampel populasi yaitu dengan mengambil seluruh kelas sebagai sampel penelitian, maka sampel penelitian ini adalah kelas XI-1 untuk media alat lebar gantung yang berjumlah 30 orang dan kelas XI-2 untuk media papan tulis yang berjumlah 30 orang sehingga jumlah keseluruhan sampel adalah 60 orang yang sama-sama memperoleh pelajaran membuat pola blus. Untuk menguji normalitas data digunakan uji lilliefors pada taraf kepercayaan (α) sebesar 0,05. Pada kelas yang menggunakan media alat lebar gantung diperoleh Lhitung = 0,109 dan Ltabel= 0,161, dengan demikian Lo ≤ Ltabel artinya data berdistribusi normal, pada pembelajaran siswa dengan media papan tulis diperoleh Lhitung = 0,014 dan Ltabel= 0,161, dengan demikian Lo ≤ Ltabel artinya data berdistribusi normal. Untuk menguji homogenitas dilakukan dengan kesamaan dua varians maka diperoleh Fhitung =1,75 dibandingkan dengan Ftabel = 1,89 berarti Fhitung<Ftabel (1,75 < 1,89) Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa varians data adalah homogen. Pengujian hipotesis dengan uji t-test diperoleh harga thitung lebih besar dari harga ttabel (8,07>1,679). dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulannya Hasil membuat pola blus yang diajar dengan media alat lebar gantung lebih tinggi dari hasil membuat pola blus dengan media papan tulis pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Kisaran.