PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN PEMBERIAN HANDOUT TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMA SWASTA PRIMBANA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016
Daftar Isi:
- Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa dikelas XI SMA Swasta Primbana Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Dengan Pemberian Handout Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Swasta Primbana Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMA Primbana Medan yang beralamat di Jln. Abdul Haris Nasution No.45, Medan Johor, Kota Medan. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa 55 orang. sampel yang digunakan, kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 2 sebagai kelas kontrol dengan masing-masing kelas terdiri dari 25 orang. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah tes berbentuk pilihan berganda yang berjumlah 20 soal. Tehnik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas menggunakan uji Liliefors, Uji homogenitas menggunakan Uji F, Uji hipotesis dengan uji t dengan kriteria terima hipotesis apabila menunjukkan t hitung > t tabel pada α = 0,05 Hasil analisis data yang diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen pretest X = 46,4; SD = 10,05 dan postes X = 73 ; SD = 8,66. Sedangkan kelas kontrol pretes X = 37; SD = 10,99 dan postest adalah X = 60,8 ; SD = 8,62. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dengan α = 0,05. Dari data perhitungan hipotesis thitung sebesar 3,80 sedangkan ttabel = 1,684. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 3, 80 > 1,684 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan pemberian Handout terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI SMA Swasta Primbana Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016.