Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya hubungan antara gaya belajar (visual, auditorial dan kinestetik) dengan hasil belajar mata pelajaran menggunakan perkakas tangan siswa kelas X kompetensi keahlian teknik pemesinan SMK Negeri 2 Medan. Metode penelitian bersifat deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas X kompetensi keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Medan berjumlah 139 orang. Dalam hal ini, sampel penelitian adalah 35 orang siswa kelas X yang ditentukan dengan metode proporsional random sampling. Data penelitian ini dikumpulkan dengan angket dan tes objektif, dimana data penelitian yang dijaring dengan angket adalah variabel Gaya Belajar. Sedangkan untuk variabel Hasil Belajar Mata Pelajaran Menggunakan Perkakas Tangan dijaring dengan menggunakan tes objektif berbentuk pilihan berganda. Jumlah instrumen angket gaya belajar sebanyak 45 soal dan 36 soal yang valid dengan reliabilitas 0,920 tergolong sangat tinggi. Sedangkan jumlah instrumen tes hasil belajar mata pelajaran menggunakan perkakas tangan sebanyak 40 soal dan 30 soal yang valid dengan reliabilitas 0,798 tergolong tinggi. Hasil analisis antara gaya belajar dengan hasil belajar menunjukkan korelasi product momen gaya belajar visual hitung r 0,834 (sangat kuat), gaya belajar auditorial hitung r 0,157 (sangat rendah) dan gaya belajar kinestetik hitung r 0,581 (cukup). Dengan demikian hipotesis yang berbunyi terdapat hubungan gaya belajar (visual, auditorial dan kinestetik) dengan hasil belajar mata pelajaran menggunakan perkakas tangan dapat diterima. Maka dapat di simpulkan bahwa pada mata pelajaran perkakas tangan siswa kelas X kompetensi keahlian teknik pemesinan SMK Negeri 2 Medan T.A 2016/2017 siswa lebih baik di ajarkan dengan metode visual seperti diagram, buku pelajaran bergambar, dan video kemudian setelah siswa mengerti kemudian siswa di tuntut untuk memepraktekkan (kinestetik) apa yang telah mereka pelajari tersebut sembari guru mengasih arahan atau bimbingan (auditorial) ketika siswa melaksanakan prakteknya.