Daftar Isi:
  • Penelitianinibertujuanuntukmeningkatkanhasilbelajarmatapelajaran Proses DasarPengecoranlogampadasiswakelas X Program KeahlianTeknikPermesinan SMK SWASTA YWKA Medanmelalui model pembelajarankooperatiftipeExplicit Instruction.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas yang dilakukanpada semester ganjiltahunajaran 2016/2017 denganjumlahsiswa 32 orang.Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observating), dan refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data dengan observasi, dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil evaluasi proses dan hasil pada setiap pembelajaran dan berdasarkan kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan dalam penelitian ini, ditemukan pada siklus I nilai rata-rata pretest siswa 51,00, lalu pada pelaksanaan posttest meningkat menjadi 69,9.Kemudiansetelahdilakukantindakanperbaikan model pembelajarankooperatiftipeExplicit Instructionpada siklus II terjadi peningkatan nilai rata-rataposttest siswa,nilai rata-rata posttest meningkat menjadi 83,7.Demikianhalnyadenganketuntasanbelajarsiswasiklus I sebanyak 17 orang siswa (53,12%) dinyatakantuntasdansetelahdilakukantindakanperbaikansiklus II sebanyak 26 orang siswa (81,25%) yang dinyatakantelahtuntas, sedangkan 6 orang siswa (18,75%) belumtuntas. Hasilobservasiaktivitassiswapadasiklus I dengan rata-rata 61,25% siswatergolongcukupaktif, dansetelahdilakukantindakanperbaikansiklus II diperoleh rata-rata 85,0% siswatergolongaktif. Dengandemikiandarihasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwapenerapan model pembelajarankooperatiftipeExplicit Instructiondapatmeningkatkanhasilbelajarmatadiklat Proses DasarPengecoranLogampadasiswakelas X Program KeahlianTeknikPermesinan SMK SWASTA YWKA Medan T.A 2016/2017.