Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe TPS terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran mekanika teknikdi kelas X SMK Negeri 2Medan TP. 2016/2017.Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui aktivitas siswa dalam bidang keterampilan sosial. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XSMK Negeri 2Medan yang terdiri dari 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara simplerandomsampling dengan mengambil 2 kelas dari 4 kelas secara acak yaitu kelas XTP 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XTP 3 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen berjumlah 32 orang dan kelas kontrol berjumlah 32 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 24 soal. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan model pembelajaran Kooperatif tipe TPS dan kelas kontrol dengan model pembelajaran Konvensional. Hasil pengujian pretest sebelum diberikan perlakuan yang berbeda, yaitu nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 26,30 dengan standar deviasi 10,81 dan nilai rata-rata pretest kelas kontrol 26,17 dengan standar deviasi 11,31. Pada pengujian data pretest kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t post test diperoleh bahwa thitung = 2,96>ttabel =2,0006, sehingga maka Ha diterima yakni ada pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe TPSterhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran mekanika teknik di kelas XSMK Negeri 2 Medan TP. 2016/2017.