PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA SISWA SMA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan kemampuan pemecahan masalah fisika menggunakan model pembelajran problem based learning dan pembelajaran dengan model pembelajaran direct instruction, perbedaan kemampuan pemecahan masalah fisika antara siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis di atas rata-rata dengan siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis di bawah rata-rata, dan interaksi model pembelajaran problem based learning dengan kemampuan berpikir kritis terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Pemilihan sampel dilakukan dengan random sampling, dimana kelas eksperimen menggunakan model problem based learning dan kelas kontrol menggunakan model direct intruction. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan pemecahan masalah dan tes kemampuan berpikir kritis. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan anava dua jalur. Instrumen yang digunakan adalah dengan memberikan tes kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah pada seluruh sampel sebagai bahan masukan untuk mengetahui situasi yang sebenarnya di SMA Gajah Mada Binjai, dengan jenis penelitian kuantitatif dan analisis datanya menggunakan korelasi product moment. Dari hasil hipotesis kemampuan pemecahan masalah yang besarnya 21,52 dan 23,42 untuk model pembelajaran berpikir kritis dan kelas maka koefisien korelasi yang ditemukan adalah kuat. Uji hipotesis menggunakan spss 21 menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah fisika siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran langsung, kemampuan pemecahan masalah fisika siswa dengan kemampuan berpikir kritis di atas rata-rata menunjukkan perbedaan dan hasil yang lebih baik dari pada siswa dengan kemampuan berpikir kritis di bawah rata-rata, serta terdapat interaksi antara model pembelajaran berbasis masalah dan kemampuan berpikir kritis dalam mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah fisika siswa.