PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR KIMIA SISWA SMA KELAS XI IPA PADA POKOK BAHASAN HIDROLISIS GARAM
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran PBL terhadap peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar kimia siswa serta untuk mengetahui korelasi aktivitas belajar dengan hasil belajar siswa. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMA Dharma Pancasila Medan yang berjumlah 3 kelas. Sampel penelitian adalah dua kelas yang diambil dengan teknik random sampling yaitu kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan model PBL dan kelas kontrol dibelajarkan dengan model konvensional. Instrunmen penelitian adalah tes dan nontes. Tes objektif pilihan berganda berjumlah 20 soal yang sudah diuji validitas, reliabilitas, daya beda, tingkat kesukaran untuk data hasil belajar. Instrumen nontes adalah lembar observasi aktivitas belajar siswa. Data yang diperoleh dengan analisis uji t satu pihak dan uji korelasi. Hasil uji hipotesis I menunjukkan thitung > ttabel (4,336 > 1,667), berarti Ho ditolak dan Ha diterima yaitu penerapan model PBL berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Rata-rata peningkatan hasil belajar kelas eksperimen 83,75% ± 0,089 dan kelas kontrol 74,25% ± 0,106. Hasil uji hipotesis II menunjukkan thitung > ttabel (7,425 > 1,667) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima yaitu penerapan model PBL berpengaruh terhadap aktivitas belajar siswa. Rata-rata aktivitas belajar kelas eksperimen 90,375 ± 4,653 dan kelas kontrol 82 ± 5,406. Hasil uji hipotesis III menunjukkan bahwa rhitung>rtabel (0,657 > 0,312) berarti Ho ditolak dan Ha diterima yaitu ada korelasi aktivitas belajar dengan peningkatan hasil belajar dengan nilai r = 0,657