PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR KIMIA SISWA SMA KELAS XI IPA PADA POKOK BAHASAN HIDROLISIS GARAM
ctrlnum |
20797 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/20797/</relation><title>PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED
LEARNING (PBL) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN
AKTIVITAS BELAJAR KIMIA SISWA SMA KELAS
XI IPA PADA POKOK BAHASAN
HIDROLISIS GARAM</title><creator>Sibarani, Hotmian</creator><subject>LB1603 Secondary Education. High schools</subject><subject>QD415 Biochemistry</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran
PBL terhadap peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar kimia siswa serta untuk
mengetahui korelasi aktivitas belajar dengan hasil belajar siswa. Populasi penelitian
adalah siswa kelas XI IPA SMA Dharma Pancasila Medan yang berjumlah 3 kelas.
Sampel penelitian adalah dua kelas yang diambil dengan teknik random sampling
yaitu kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan model PBL dan kelas kontrol
dibelajarkan dengan model konvensional. Instrunmen penelitian adalah tes dan
nontes. Tes objektif pilihan berganda berjumlah 20 soal yang sudah diuji validitas,
reliabilitas, daya beda, tingkat kesukaran untuk data hasil belajar. Instrumen nontes
adalah lembar observasi aktivitas belajar siswa. Data yang diperoleh dengan analisis
uji t satu pihak dan uji korelasi. Hasil uji hipotesis I menunjukkan thitung > ttabel (4,336
> 1,667), berarti Ho ditolak dan Ha diterima yaitu penerapan model PBL
berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Rata-rata peningkatan hasil
belajar kelas eksperimen 83,75% ± 0,089 dan kelas kontrol 74,25% ± 0,106. Hasil uji
hipotesis II menunjukkan thitung > ttabel (7,425 > 1,667) yang berarti Ho ditolak dan Ha
diterima yaitu penerapan model PBL berpengaruh terhadap aktivitas belajar siswa.
Rata-rata aktivitas belajar kelas eksperimen 90,375 ± 4,653 dan kelas kontrol 82 ±
5,406. Hasil uji hipotesis III menunjukkan bahwa rhitung>rtabel (0,657 > 0,312) berarti
Ho ditolak dan Ha diterima yaitu ada korelasi aktivitas belajar dengan peningkatan
hasil belajar dengan nilai r = 0,657</description><date>2016-08-10</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20797/1/1.%20NIM.%204123331017_COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20797/2/2.%20NIM.%204123331017_LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20797/3/3.%20NIM.%204123331017_ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20797/4/4.%20NIM.%204123331017_KATA%20PENGANTAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20797/5/5.%20NIM.%204123331017_DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20797/6/6.%20NIM.%204123331017_DAFTAR%20GAMBAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20797/7/7.%20NIM.%204123331017_DAFTAR%20TABEL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20797/8/8.%20NIM.%204123331017_DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20797/9/9.%20NIM.%204123331017_BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20797/10/13.%20NIM.%204123331017_BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20797/11/14.%20NIM.%204123331017_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Sibarani, Hotmian (2016) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR KIMIA SISWA SMA KELAS XI IPA PADA POKOK BAHASAN HIDROLISIS GARAM. Undergraduate thesis, UNIMED. </identifier><recordID>20797</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Sibarani, Hotmian |
title |
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED
LEARNING (PBL) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN
AKTIVITAS BELAJAR KIMIA SISWA SMA KELAS
XI IPA PADA POKOK BAHASAN
HIDROLISIS GARAM |
publishDate |
2016 |
isbn |
204123331017 |
topic |
LB1603 Secondary Education. High schools QD415 Biochemistry |
url |
http://digilib.unimed.ac.id/20797/1/1.%20NIM.%204123331017_COVER.pdf http://digilib.unimed.ac.id/20797/2/2.%20NIM.%204123331017_LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf http://digilib.unimed.ac.id/20797/3/3.%20NIM.%204123331017_ABSTRAK.pdf http://digilib.unimed.ac.id/20797/4/4.%20NIM.%204123331017_KATA%20PENGANTAR.pdf http://digilib.unimed.ac.id/20797/5/5.%20NIM.%204123331017_DAFTAR%20ISI.pdf http://digilib.unimed.ac.id/20797/6/6.%20NIM.%204123331017_DAFTAR%20GAMBAR.pdf http://digilib.unimed.ac.id/20797/7/7.%20NIM.%204123331017_DAFTAR%20TABEL.pdf http://digilib.unimed.ac.id/20797/8/8.%20NIM.%204123331017_DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf http://digilib.unimed.ac.id/20797/9/9.%20NIM.%204123331017_BAB%20I.pdf http://digilib.unimed.ac.id/20797/10/13.%20NIM.%204123331017_BAB%20V.pdf http://digilib.unimed.ac.id/20797/11/14.%20NIM.%204123331017_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://digilib.unimed.ac.id/20797/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran
PBL terhadap peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar kimia siswa serta untuk
mengetahui korelasi aktivitas belajar dengan hasil belajar siswa. Populasi penelitian
adalah siswa kelas XI IPA SMA Dharma Pancasila Medan yang berjumlah 3 kelas.
Sampel penelitian adalah dua kelas yang diambil dengan teknik random sampling
yaitu kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan model PBL dan kelas kontrol
dibelajarkan dengan model konvensional. Instrunmen penelitian adalah tes dan
nontes. Tes objektif pilihan berganda berjumlah 20 soal yang sudah diuji validitas,
reliabilitas, daya beda, tingkat kesukaran untuk data hasil belajar. Instrumen nontes
adalah lembar observasi aktivitas belajar siswa. Data yang diperoleh dengan analisis
uji t satu pihak dan uji korelasi. Hasil uji hipotesis I menunjukkan thitung > ttabel (4,336
> 1,667), berarti Ho ditolak dan Ha diterima yaitu penerapan model PBL
berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Rata-rata peningkatan hasil
belajar kelas eksperimen 83,75% ± 0,089 dan kelas kontrol 74,25% ± 0,106. Hasil uji
hipotesis II menunjukkan thitung > ttabel (7,425 > 1,667) yang berarti Ho ditolak dan Ha
diterima yaitu penerapan model PBL berpengaruh terhadap aktivitas belajar siswa.
Rata-rata aktivitas belajar kelas eksperimen 90,375 ± 4,653 dan kelas kontrol 82 ±
5,406. Hasil uji hipotesis III menunjukkan bahwa rhitung>rtabel (0,657 > 0,312) berarti
Ho ditolak dan Ha diterima yaitu ada korelasi aktivitas belajar dengan peningkatan
hasil belajar dengan nilai r = 0,657 |
id |
IOS3150.20797 |
institution |
Universitas Negeri Medan |
institution_id |
60 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Medan |
library_id |
564 |
collection |
Digital Repository Universitas Negeri Medan |
repository_id |
3150 |
subject_area |
Adat Istiadat Agama Akuntansi |
city |
KOTA MEDAN |
province |
SUMATERA UTARA |
repoId |
IOS3150 |
first_indexed |
2017-02-25T17:14:20Z |
last_indexed |
2017-02-25T17:14:20Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1766033413468323840 |
score |
17.538404 |