ctrlnum 20797
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/20797/</relation><title>PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED&#xD; LEARNING (PBL) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN&#xD; AKTIVITAS BELAJAR KIMIA SISWA SMA KELAS&#xD; XI IPA PADA POKOK BAHASAN&#xD; HIDROLISIS GARAM</title><creator>Sibarani, Hotmian</creator><subject>LB1603 Secondary Education. High schools</subject><subject>QD415 Biochemistry</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran&#xD; PBL terhadap peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar kimia siswa serta untuk&#xD; mengetahui korelasi aktivitas belajar dengan hasil belajar siswa. Populasi penelitian&#xD; adalah siswa kelas XI IPA SMA Dharma Pancasila Medan yang berjumlah 3 kelas.&#xD; Sampel penelitian adalah dua kelas yang diambil dengan teknik random sampling&#xD; yaitu kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan model PBL dan kelas kontrol&#xD; dibelajarkan dengan model konvensional. Instrunmen penelitian adalah tes dan&#xD; nontes. Tes objektif pilihan berganda berjumlah 20 soal yang sudah diuji validitas,&#xD; reliabilitas, daya beda, tingkat kesukaran untuk data hasil belajar. Instrumen nontes&#xD; adalah lembar observasi aktivitas belajar siswa. Data yang diperoleh dengan analisis&#xD; uji t satu pihak dan uji korelasi. Hasil uji hipotesis I menunjukkan thitung &gt; ttabel (4,336&#xD; &gt; 1,667), berarti Ho ditolak dan Ha diterima yaitu penerapan model PBL&#xD; berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Rata-rata peningkatan hasil&#xD; belajar kelas eksperimen 83,75% &#xB1; 0,089 dan kelas kontrol 74,25% &#xB1; 0,106. Hasil uji&#xD; hipotesis II menunjukkan thitung &gt; ttabel (7,425 &gt; 1,667) yang berarti Ho ditolak dan Ha&#xD; diterima yaitu penerapan model PBL berpengaruh terhadap aktivitas belajar siswa.&#xD; Rata-rata aktivitas belajar kelas eksperimen 90,375 &#xB1; 4,653 dan kelas kontrol 82 &#xB1;&#xD; 5,406. Hasil uji hipotesis III menunjukkan bahwa rhitung&gt;rtabel (0,657 &gt; 0,312) berarti&#xD; Ho ditolak dan Ha diterima yaitu ada korelasi aktivitas belajar dengan peningkatan&#xD; hasil belajar dengan nilai r = 0,657</description><date>2016-08-10</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20797/1/1.%20NIM.%204123331017_COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20797/2/2.%20NIM.%204123331017_LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20797/3/3.%20NIM.%204123331017_ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20797/4/4.%20NIM.%204123331017_KATA%20PENGANTAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20797/5/5.%20NIM.%204123331017_DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20797/6/6.%20NIM.%204123331017_DAFTAR%20GAMBAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20797/7/7.%20NIM.%204123331017_DAFTAR%20TABEL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20797/8/8.%20NIM.%204123331017_DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20797/9/9.%20NIM.%204123331017_BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20797/10/13.%20NIM.%204123331017_BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20797/11/14.%20NIM.%204123331017_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Sibarani, Hotmian (2016) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR KIMIA SISWA SMA KELAS XI IPA PADA POKOK BAHASAN HIDROLISIS GARAM. Undergraduate thesis, UNIMED. </identifier><recordID>20797</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Sibarani, Hotmian
title PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR KIMIA SISWA SMA KELAS XI IPA PADA POKOK BAHASAN HIDROLISIS GARAM
publishDate 2016
isbn 204123331017
topic LB1603 Secondary Education. High schools
QD415 Biochemistry
url http://digilib.unimed.ac.id/20797/1/1.%20NIM.%204123331017_COVER.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20797/2/2.%20NIM.%204123331017_LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20797/3/3.%20NIM.%204123331017_ABSTRAK.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20797/4/4.%20NIM.%204123331017_KATA%20PENGANTAR.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20797/5/5.%20NIM.%204123331017_DAFTAR%20ISI.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20797/6/6.%20NIM.%204123331017_DAFTAR%20GAMBAR.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20797/7/7.%20NIM.%204123331017_DAFTAR%20TABEL.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20797/8/8.%20NIM.%204123331017_DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20797/9/9.%20NIM.%204123331017_BAB%20I.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20797/10/13.%20NIM.%204123331017_BAB%20V.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20797/11/14.%20NIM.%204123331017_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20797/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran PBL terhadap peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar kimia siswa serta untuk mengetahui korelasi aktivitas belajar dengan hasil belajar siswa. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMA Dharma Pancasila Medan yang berjumlah 3 kelas. Sampel penelitian adalah dua kelas yang diambil dengan teknik random sampling yaitu kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan model PBL dan kelas kontrol dibelajarkan dengan model konvensional. Instrunmen penelitian adalah tes dan nontes. Tes objektif pilihan berganda berjumlah 20 soal yang sudah diuji validitas, reliabilitas, daya beda, tingkat kesukaran untuk data hasil belajar. Instrumen nontes adalah lembar observasi aktivitas belajar siswa. Data yang diperoleh dengan analisis uji t satu pihak dan uji korelasi. Hasil uji hipotesis I menunjukkan thitung > ttabel (4,336 > 1,667), berarti Ho ditolak dan Ha diterima yaitu penerapan model PBL berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Rata-rata peningkatan hasil belajar kelas eksperimen 83,75% ± 0,089 dan kelas kontrol 74,25% ± 0,106. Hasil uji hipotesis II menunjukkan thitung > ttabel (7,425 > 1,667) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima yaitu penerapan model PBL berpengaruh terhadap aktivitas belajar siswa. Rata-rata aktivitas belajar kelas eksperimen 90,375 ± 4,653 dan kelas kontrol 82 ± 5,406. Hasil uji hipotesis III menunjukkan bahwa rhitung>rtabel (0,657 > 0,312) berarti Ho ditolak dan Ha diterima yaitu ada korelasi aktivitas belajar dengan peningkatan hasil belajar dengan nilai r = 0,657
id IOS3150.20797
institution Universitas Negeri Medan
institution_id 60
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Medan
library_id 564
collection Digital Repository Universitas Negeri Medan
repository_id 3150
subject_area Adat Istiadat
Agama
Akuntansi
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS3150
first_indexed 2017-02-25T17:14:20Z
last_indexed 2017-02-25T17:14:20Z
recordtype dc
_version_ 1766033413468323840
score 17.538404