PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROLISI GARAM
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning (PBL) dengan hasil belajar siswa pada model Think Pair Share (TPS)di kelas XI IPA SMAN 1 Angkola Selatan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA N 1 Angkola Selatan yang terdiri dari 3 kelas. Sampel penelitian ditentukan denganteknik modifikasi cluster random sampling. Sampel didapat 2 kelas yaitu kelas eksperimen 1 yang diajarkan dengan model Problem Based Learning (PBL) dan kelas eksperimen 2 yang diajarkan dengan model Think Pair Share (TPS). Penelitian ini menggunakan instrumen tes objektif sebanyak 20 soal yang telah di uji validitasnya, reabilitas, tingkat kesukaran, daya beda dan distruktor. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan uji t satu pihak kanan. Hasil uji ttest untuk hasil belajar diperoleh thitung > t1/2(1,91>1,669). Berdasarkan hasil analisis data, maka Ho ditolak dan Ha diterima yaitu: Hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning (PBL) lebih tinggi daripada hasil belajar siswa pada model Think Pair Share (TPS)dengan nilai rata-rata posttest kelas Problem Based Learning (PBL) 32,50 dan nilai rata-rata post-test model Think Pair Share (TPS) 27,42