Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning dengan media Handout dan model konvensional dengan media Handout terhadap hasil belajar pada materi koloid di kelas XI dan untuk mengetahui hasil belajar kimia dengan model Problem Based Learning dengan media Handout lebih tinggi dari model konvensional dengan media Handout pada materi koloid di kelas XI. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposif sampling dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas XI MIA-1 dijadikan sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran PBL dengan menggunakan media Handout dan kelas XI MIA-2 sebagai kelas kontrol dibelajarkan dengan model pembelajaran Konvensional dengan menggunakan media Handout. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes objektif dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 20 soal yang telah teruji validitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, serta reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dengan media Handout terhadap hasil belajar pada materi koloid di kelas XI. Dan nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 82,03 dan rata-rata hasil belajar kelas kontrol sebesar 77,18. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis peningkatan hasil belajar siswa diperoleh harga thitung > ttabel α yaitu 3,01 >1,99 dengan taraf signifikansi (α = 0,05) sehingga Ho ditolak Ha diterima Berarti dapat disimpulkan bahwa hasil belajar menggunakan model Problem Based Learning dengan menggunakan media Handout lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar menggunakan model Konvensional dengan menggunakan media Handout pada pokok materi koloid.