PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X MAN 2 MODEL MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem di kelas X MAN 2 Model Medan tahun pembelajaran 2015/2016. Populasi berupa seluruh siswa kelas X MAN 2 Model Medan tahun pembelajaran 2015/2016. Sampel berjumlah 40 orang siswa. Dari analisa data test akhir ( post test) kelas eksperimen dan kelas kontrol, diperoleh nilai rata-rata untuk kelas eksperimen adalah X= 71,9 dengan varians S2 =97,16. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh rata-rata X = 62,2 dengan varians S2 = 105,52. Untuk pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel (4, 315 > 1, 987). Berdasarkan hasil belajar siswa diketahui bahwa nilai rata-rata pada kelas eksperimen sebesar 71,9 dan nilai rata-rata pada kelas kontrol adalah sebesar 62,2. Ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) sangat berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar biologi siswa pada materi ekosistem serta efektif dan efisien bagi peningkatan kualitas siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division),akan meningkat/lebih baik pada materi pokok Ekosistem di kelas kelas X-2 MAN 2 Model Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016.