PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB MATERI FLUIDA DINAMIS DI KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI I KUALUH HULU T.P. 2015/2016
Daftar Isi:
- Telah dilakukan penelitian quasi eksperimen untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar siswa kelas XI semester genap pada sub materi fluida dinamis di SMA Negeri I Kualuh Hulu T.P. 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Semester II SMA Negeri I Kualuh Hulu yang terdiri dari lima kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas XI-IPA2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-IPA3 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 35 siswa yang ditentukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran inquiry training dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Data yang digunakan dalam penelitian ini digunakan tes essay, jumlah soal 10 item yang telah divalidkan. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen 77,245 dalam kategori cukup dan kelas kontrol 69,694 dalam kategori kurang. Hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran inquiry training lebih tinggi daripada hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada sub materi fluida dinamis kelas XI semester II di SMA Negeri I Kualuh Hulu T.P. 2015/2016