PENGARUH KREATIVITAS GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 DELITUA T.P 2015/2016
Daftar Isi:
- Masalah penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Delitua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kreativitas Guru dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 DELITUA T.P 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Delitua Jalan Pendidikan No. 1 Delitua. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS yang berjumlah 147 orang dan sampel berjumlah 60 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kreativitas guru dan fasilitas belajar berupa angket yang berjumlah 20 butir soal untuk masing-masing variabel dan studi dokumen (DKN) untuk variabel prestasi belajar siswa. Validatas tes diuji dengan menggunakan teknik korelasi product moment. Reliabel tes diuji dengan menggunakan rumus Alpha Cronbarch. Kemudian data dianalisis dengan rumus regresi linear berganda. Selanjutnya untuk menguji hipotesis secara secara parsial uji t dan secara simultan digunakan uji F. Setelah dilakukan uji validitas pada ke 20 butir instrumen dengan masingmasing variabel hasil yang diperoleh keseluruhan instrumen soal valid. Untuk hasil uji reliabilitas angket kreativitas guru (X1) diperoleh 0,737 > 0,312 (r11 > rtabel) sedangkan untuk angket fasilitas belajar (X2) diperoleh hasil 0,766 > 0,312 (r11 > rtabel). Hasil analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan garis linear Y = 4,455 + 0,322 X1 + 0,475X2. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dengan α = 0,05. Dari data perhitungan hipotesis kreativitas guru diperoleh thitung sebesar 3,222 sedangkan ttabel = 1,672 dan pada fasilitas belajar di peroleh thitung sebesar 4,750 dan ttabel = 1,672 . Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dan untuk uji f diperoleh Fhitung sebesar 58,164 sedangkan Ftabel pada taraf kesalahan 5 % sebesar 3,16 berarti Fhitung > Ftabel (58,164 > 3,16) maka hipotesis Ha3 diterima atau ada pengaruh positif dan signifikan antara kreativitas guru dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 DELITUA T.P 2015/2016