Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran akuntansi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Plantet Questions dengan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing dan meningkatkan hasil belajar Akuntansi pada mata pelajaran akuntansi keuangan siswa kelas X SMK Swasta Satria Dharma Perbaungan T.P 2015/2016 Penelitian ini dilaksanakan pada SMK Swasta Satria Dharma Perbaungan di jalan Akasia No. 8 Jambur Pulau Perbaungan. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri 2 kelas dengan jumlah 80 siswa. Sedangkan teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah total sampling dengan menggunakan 2 kelas yaitu kelas X-AK 1 sebagai kelas Eksperimen dan Kelas X-AK 2 sebagai Kelas Kontrol, yang masing-masing kelas terisi dari 40 siswa dengan jumlah 80 siswa. Instrument yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa berbentuk tes pilihan berganda sebanyak 20 item. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata pre-test siswa kelas ekperimen = 57,125 dengan Standar Deviasi = 15,102 dan nilai rata-rata post-test siswa setelah menggunakan model pembelajaran Plantet Questions dengan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing = 83,625 dengan Standar Deviasi = 10,62. Sedangkan nilai rata-rata pre-test siswa kelas kontrol = 55,375 dengan Standar Deviasi = 12,678 dan nilai rata-rata post-test siswa setelah menggunakan metode pembelajaran konvensional = 77,625 dengan Standar Deviasi = 10,681. Dari analisis data yang diperoleh bahwa data hasil belajar berdistibusi normal (Lhitung < Ltabel) dan homogen (Fhitung < Ftabel). Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t dan dipeoleh thitung > ttabel (2,526 > 1,667), yang berarti hipotesis dapat diterima anatara variabel X dan Y pada taraf signifikan 95% atau alpha 0,05% dengan dk= N + N – 2 = 78. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan anatara model pembelajaran Plantet Questions dengan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas X Akuntansi SMK Swasta Raksana 2 Medan T.P 2015/2016