PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMK N 1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi kelas XI SMK Negeri 1 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajarkan menggunakan Model Pembelajaran Quantum Teaching dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri berpengaruh dan signifikan terhadap hasil belajar akuntansi yang diajarkan pada siswa kelas XI SMK N 1 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMK N 1 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Akuntansi SMK N 1 yang berjumlah 156 siswa yang terdiri dari 4 kelas. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas XI AK 3 yang berjumlah 30 siswa pada kelas eksperimen dan XI AK 4 yang berjumlah 30 siswa pada kelas kontrol. Dan teknik pengambilan sampel yang digunakan Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar akuntansi dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal. Teknik analisis data yang diperoleh terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yaitu dianalisa melalui uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis digunakan uji t. Hasil uji statistik menunjukkan hasil belajar siswa dengan Model Pembelajaran Quantum Teaching dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri adalah nilai rata-rata pretest 62,17 dengan simpangan baku 6,9 dan post test sebesar 81,5 dengan simpangan baku 8,21. Sedangkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional adalah nilai rata-rata pretest 75,16 dengan simpangan baku 6,62 dan post test sebesar 76,33 dengan simpangan baku 7,41. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh dan thitung > ttabel