Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan Model Problem Centered Learning lebih tinggi dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan Metode Pembelajaran Konvensional pada siswa kelas XI SMK. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK, berjumlah 163 orang. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas, yaitu XI AK1 dan XI AK2, masing masing 40 orang yang diambil dengan teknik Random Sampling. Teknik pengumpulan data tes pilihan ganda. Sebelum tes diberikan kepada sampel yang sebenarnya, tes diuji coba terlebih dahulu, untuk mengetahui validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran soal. Sebelum pengujian hipotesis, dilakukan uji persyaratan analisis data yaitu uji normalitas dan uji homogenitas, hipotesis diuji dengan uji t. Penelitian menunjukkan hasil belajar siswa diajar dengan Model Problem Centered Learning (awal