Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran akuntansi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh minat belajar dan pendapatan orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS SMA N 1 Tiganderket Tahun Pembelajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1 Tiganderket Jalan Pendidikan No.1. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS yang berjumlah 110 orang dan sampel berjumlah 55 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengukur minat belajar dan pendapatan orang tua berupa angket yang berjumlah 20 soal untuk masing-masing variabel dan studi dokumentasi (DKN) untuk variabel prestasi belajar siswa. Validitas tes diuji dengan menggunakan teknik korelasi product moment. Reliabilitas tes diuji dengan menggunakan rumus Alpha Cronbarch. Kemudian data dianalisis dengan rumus regresi linear berganda. Selanjutnya untuk menguji hipotesis secara parsial uji t dan secara simultan digunakan uji F. Berdasarkan analisis data dengan menggunakan program SPSS 20.00 diperoleh persamaan regresi linear berganda Y = 44,706 + 0,459 X1 + 0,237 X2 . Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel minat belajar (X1) memiliki pengaruh signifikan karena thitung > t table yaitu 6,178 > 2,005. Dan variabel pendapatan orang tua (X2) memiliki pengaruh signifikan karena thitung > t table yaitu 2,650 > 2,005. Sementara secara simultan variabel X1 dan X2 memiliki pengaruh signifikan terhadap Y pada taraf alpha 5%. Hal ini terlihat dari hasil perhitungan Fhitung yang sebesar 43,253 > Ftabel sebesar 3,18. Persentase sumbangan minat belajar dan pendapatan orang tua terhadap prestasi belajar siswa sebesar 62,5%. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa minat belajar dan pendapatan orang tua memberikan pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tiganderket T.P 2015/2016