Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar akuntansi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh Konsep Diri terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI di SMK Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017; (2) Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017; dan (3) Pengaruh Konsep Diri dan Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI di SMK Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 7 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Akuntansi yang berjumlah 197 orang. Penentuan sampel ditentukan dengan teknik random sampling, yaitu 60 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Sebelum angket diberikan pada sampel yang sebenarnya maka dilakukan uji coba instrumen untuk mengetahui validitas dan reliabilitas angket. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik, yaitu uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas, dan untuk menguji hipotesis digunakan rumus regresi linier berganda, uji t parsial, uji F simultan, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan dari hasil analisis data dengan menggunakan SPSS versi 17 diperoleh persamaan regresi linier berganda Y = 1.501+0,590X1 + 0,387X2. Selanjutnya variabel konsep diri (X1) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar akuntansi siswa dengan nilai sig < 0,05 (0,000 < 0,05) dan disiplin belajar (X2) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar akuntansi siswa dengan nilai sig < 0,05 (0,000 < 0,05). Secara bersamasama konsep diri dan disiplin belajar memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi dengan nilai sig < 0,05 (0,000 < 0,05). Persentase sumbangan pengaruh konsep diri dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa sebesar 93,1%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan baik secara parsial maupun simultan konsep diri dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI akuntansi SMK Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017.