PENGARUH KESADARAN SITUASI, KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, KONFLIK DAN EFIKASI DIRI TERHADAP KINERJA KEPALA SEKOLAH DASAR KOTA MEDAN
Main Author: | Dewi, Rosmala |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/20386/3/0813901013%20COVER.pdf http://digilib.unimed.ac.id/20386/2/0813901013%20LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf http://digilib.unimed.ac.id/20386/1/0813901013%20ABSTRAK.pdf http://digilib.unimed.ac.id/20386/4/0813901013%20KATA%20PENGANTAR.pdf http://digilib.unimed.ac.id/20386/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini mengetahui pengaruh kesadaran situasi, kepemimpinan transformasional, konflik, efikasi diri terhadap kinerja. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Kota Medan. Populasi penelitian semua kepala sekolah dasar Kota Medan berjumlah 380 orang, sampel berjumlah 200 orang. Jenis penelitian eksplanatoris dengan teknik analisis jalur. Data penelitian diolah dengan bantuan program Amos. Hasil penelitian yang ditemukan adalah: (1) kesadaran situasi berpengaruh langsung positif terhadap kepemimpinan transformasional kepala sekolah dasar Kota Medan, (2) kepemimpinan transfonnasional berpengaruh langsung positif terbada.p efikasi diri kepala sekolah dasar Kota Medan, (3) kepemimpinan transformasional berpengaruh langsung negatif terhadap kontlik kepala sekolah dasar Kota Medan, ( 4) efikasi diri berpengaruh langsung positif terhadap kinerja kepala sekolah dasar Kota Medan, (5) konflik berpengaruh langsung negatif terbadap kinerja kepala sekolah dasar Kota Medan, (6) kepemimpinan transformasional berpengaruh langsung positif terhadap kinerja kepala sekolah dasar Kota Medan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat dikatakan babwa upaya meningkatkan kinerja kepala sekolah diawali dengan upaya peningkatan kesadaran situasi diikuti dengan peningkatan kepemimpinan transformasional, dan selanjutnya peningkatan efikasi diri dengan tetap menjaga konflik tidak meningkat.