Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orangtua dan Perhatian Orangtua terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Swasta Kartika I-2 Medan T.A 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Kartika I-2 Medan, Jl brigjend H.A Manaf Lubis Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS yang Berjumlah 108 Orang. Sedangkan sampel yang diambil sebanyak 59 orang dengan menggunakan teknik pengambilan sampel Proportional Random sampling. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data ialah observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Angket digunakan untuk mengumpulkan data Status Sosial Ekonomi Orangtua dan Perhatian Orangtua. Dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi. Sebelum melakukan penelitian, terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan reliabiitas angket . Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara Status Sosial Ekonomi Orangtua terhadap Prestasi Belajar ekonomi siswa, dibuktikan dengan nilai thitung (4,829) >ttabel (1,672). (2) Ada pengaruh yang signfikan antara Perhatian Orangtua terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa, ini dibuktikan dengan nilai thitung (3,803) >ttabel ( 1,672). (3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan Status Sosial Ekonomi Orangtua dan Perhatian Orangtua secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Ekonomi siswa, dibuktikan dengan nilai Fhitung ( 21,211) > Ftabel (3,16). Besarnya sumbangan atau kontribusi antar variabel bebas terhadap variabel terikat yaitu sebesar 43, 1 %.