Daftar Isi:
  • Iklan merupakan hal yang sangat penting didalam memasarkan produk dari suatu perusahaan. Iklan yang rendah atau kurang menarik mampu membuat brand dari suatu produk rendah berdasarkan Top Brand Award. Hal ini terjadi pada brand smartphone Oppo Indonesia di tahun 2015. Selain itu perusahaan juga harus memperhatikan gaya hidup konsumen dalam mengkonsumsi suatu barang. Oleh karena itu iklan yang dibuat oleh perusahaan harus mampu menarik perhatian konsumen khususnya dalam hal kualitas dan gaya hidup konsumen sekarang ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh iklan terhadap perilaku konsumen smartphone oppo pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang aktif kuliah di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan untuk semua jurusan/program studi dari stambuk 2013 sampai 2015 dan hanya menggunakan smartphone oppo dengan jumlah sampel 165 mahasiswa. Metode pemilihan sampel yaitu teknik probality sampling dengan simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan diawali dengan wawancara serta dengan penyebaran koesioner. Dengan variabel bebas Iklan (X) dan variabel terikan Perilaku Konsumen (Y). Berdasarkan uji validitas dan reliabilitas angket, maka setiap butir penyataan dinyatakan valid dan reliabel, dengan alpha = 0,306. Teknik analisa data yang digunakan yaitu teknik analisis regresi linier sederhana dengan rumus Y= a + Bx maka dalam penelitian ini diperoleh persamaan Y = 25,117 + 0,1479x, artinya konstanta sebesar 25,117 menunjukkan bahwa apabila tidak ada nilai iklan, maka perilaku konsumen akan menjadi 25,117. Koefisien regresi variabel iklan sebesar 0,1479 artinya jika variabel bebas lain nilainya tetap dan iklan mengalami peningkatan satau satuan maka perilaku konsumen meningkat sebesar 0,1479. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa secara parsial iklan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap perilaku konsumen dimana thitung > ttabel yaitu 2,754 > 1,654 dan taraf signifikansi sebesar 0,007 < 0,05.Nilai koefisien determinasi R Square sebesar 0,044. Nilai R Square menunjukkan bahwa variabel independen yaitu variabel iklan mampu menjelaskan variabel dependen yaitu perilaku konsumen sebesar 0,044 (4,4%) dan sisanya sebesar 95,6% dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh y