PENGARUH STRATEGI PENYAMPAIAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODUL DAN PEMBELAJARAN DOSEN LANGSUNG SERTA MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATAKULIAH AUTOCAD DI FT-MESIN UNIMED MEDAN

Main Authors: Silaban, Robert, Situmeang, Pangihutan, Gurning, Ricard, Purba, Bonaraja, Sitompul, Toyama
Format: Monograph NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: FT UNIMED , 2008
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/19723/1/Fulltext.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/19723/
ctrlnum 19723
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/19723/</relation><title>PENGARUH STRATEGI PENYAMPAIAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODUL DAN PEMBELAJARAN DOSEN LANGSUNG SERTA MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATAKULIAH AUTOCAD DI FT-MESIN UNIMED MEDAN</title><creator>Silaban, Robert</creator><creator>Situmeang, Pangihutan</creator><creator>Gurning, Ricard</creator><creator>Purba, Bonaraja</creator><creator>Sitompul, Toyama</creator><subject>BF501 Motivation</subject><subject>LB1025 Teaching (Principles and Practice)</subject><subject>LB2300 Higher Education</subject><subject>TJ Mechanical engineering and machinery</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pemberian Modul pada pembelajaran AutoCad, yang dilatarbelakangi selama ini Dosen masih menerapkan pembelajaran langsung yang belum dapat menghasilkan prestasi mahasiswa yang maksimal. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen untuk membandingkan hasil belajar mahasiswa yang diajar dengan strategi penyampaian pembelajaran menggunakan Modul dengan hasil belajar mahasiswa yang diajar dengan pembelajaran Dosen Langsung pada matakuliah AutoCad. Populasi penelitian adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Mesin tahun akademik 2008/2009, sedangkan sampel adalah mahasiwa yang mengambil matakuliah AutoCad baik Regular dan Ekstensi yang berjumlah 23 orang. Pada tahap pertama dilakukan pembagian kelompok secara acak kemudian dilanjutkan dengan penetapan kelompok mana yang diberi Modul. Untuk melihat homogenitas kelompok dilakukan uji t terhadap IPK kedua kelompok. Dari basil perhitungan menunjukkan, untuk dk = n1 + n2 - 2 = 12+11-2=21,pada taraf signifikansi 5% harga ttabel = 2,080, tentyata thitung &lt; ttabel (0.290 &lt; 2.080) maka tidak ada perbedaan rata-rata IPK yang signifikan antara kelompok dengan pengajaran Dosen langsung dengan pengajaran Modul. atau dapat dikatakan bahwa kedua kelompok adalah memiliki kemampuan akademik yang homogen. Sehingga perlakuan dapat dilaksanakan.Selanjumya kepada kedua kelompok diberi angket diberi angket untuk menjaring motivasi belajar mahasiswa. Kemudian kedua kelompok dibagi lagi menjadi dua kelompok motivasi tinggi dan kelompok motivasi rendah. Hasil penelitian menunjukkan: 1. Hasil belajar mahasiswa pada AutoCad yang memperoleh penyampaian materi menggunakan modul lebih tinggi dari hasil belajar mahasiswa yang memperoleh strategi penyampaian pembelajaran yang disajikan oleh Dosen langsung. 2. Hasil belajar mahasiswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, pada AutoCad yang memperoleh penyampaian materi menggunakan modul lebih tinggi dati hasil belajar mahasiswa yang memiliki motivasi tinggi yang memperoleh strategi penyampaian pembelajaran yang disajikan oleh Dosen langsung. 3. Hasil belajar mahasiswa yang memiliki motivasi belajar rendah, pada AutoCad yang memperoleh penyampaian materi menggunakan modul lebih tinggi dari pada hasil belajar mahasiswa yang memiliki motivasi belajar rendah yang rnemperoleh strategi penyampaian pembelajaran yang disajikan oleh Dosen Ian gsung4. Terdapat pengaruh interaksi antara strategi penyampaian pembelajaran dengan motivasi belajar mahasiswa terhadap hasil belajar AutoCad, berarti strategi penyampaian pembelajaran dan motivasi belajar sama-sama mernpengaruhi hasil belajar mahasiswa.</description><publisher>FT UNIMED</publisher><date>2008-10</date><type>Document:Monograph</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/19723/1/Fulltext.pdf</identifier><identifier> Silaban, Robert and Situmeang, Pangihutan and Gurning, Ricard and Purba, Bonaraja and Sitompul, Toyama (2008) PENGARUH STRATEGI PENYAMPAIAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODUL DAN PEMBELAJARAN DOSEN LANGSUNG SERTA MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATAKULIAH AUTOCAD DI FT-MESIN UNIMED MEDAN. Research Report. FT UNIMED, Medan. </identifier><recordID>19723</recordID></dc>
language ind
format Document:Monograph
Document
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Silaban, Robert
Situmeang, Pangihutan
Gurning, Ricard
Purba, Bonaraja
Sitompul, Toyama
title PENGARUH STRATEGI PENYAMPAIAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODUL DAN PEMBELAJARAN DOSEN LANGSUNG SERTA MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATAKULIAH AUTOCAD DI FT-MESIN UNIMED MEDAN
publisher FT UNIMED
publishDate 2008
topic BF501 Motivation
LB1025 Teaching (Principles and Practice)
LB2300 Higher Education
TJ Mechanical engineering and machinery
url http://digilib.unimed.ac.id/19723/1/Fulltext.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/19723/
contents Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pemberian Modul pada pembelajaran AutoCad, yang dilatarbelakangi selama ini Dosen masih menerapkan pembelajaran langsung yang belum dapat menghasilkan prestasi mahasiswa yang maksimal. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen untuk membandingkan hasil belajar mahasiswa yang diajar dengan strategi penyampaian pembelajaran menggunakan Modul dengan hasil belajar mahasiswa yang diajar dengan pembelajaran Dosen Langsung pada matakuliah AutoCad. Populasi penelitian adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Mesin tahun akademik 2008/2009, sedangkan sampel adalah mahasiwa yang mengambil matakuliah AutoCad baik Regular dan Ekstensi yang berjumlah 23 orang. Pada tahap pertama dilakukan pembagian kelompok secara acak kemudian dilanjutkan dengan penetapan kelompok mana yang diberi Modul. Untuk melihat homogenitas kelompok dilakukan uji t terhadap IPK kedua kelompok. Dari basil perhitungan menunjukkan, untuk dk = n1 + n2 - 2 = 12+11-2=21,pada taraf signifikansi 5% harga ttabel = 2,080, tentyata thitung < ttabel (0.290 < 2.080) maka tidak ada perbedaan rata-rata IPK yang signifikan antara kelompok dengan pengajaran Dosen langsung dengan pengajaran Modul. atau dapat dikatakan bahwa kedua kelompok adalah memiliki kemampuan akademik yang homogen. Sehingga perlakuan dapat dilaksanakan.Selanjumya kepada kedua kelompok diberi angket diberi angket untuk menjaring motivasi belajar mahasiswa. Kemudian kedua kelompok dibagi lagi menjadi dua kelompok motivasi tinggi dan kelompok motivasi rendah. Hasil penelitian menunjukkan: 1. Hasil belajar mahasiswa pada AutoCad yang memperoleh penyampaian materi menggunakan modul lebih tinggi dari hasil belajar mahasiswa yang memperoleh strategi penyampaian pembelajaran yang disajikan oleh Dosen langsung. 2. Hasil belajar mahasiswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, pada AutoCad yang memperoleh penyampaian materi menggunakan modul lebih tinggi dati hasil belajar mahasiswa yang memiliki motivasi tinggi yang memperoleh strategi penyampaian pembelajaran yang disajikan oleh Dosen langsung. 3. Hasil belajar mahasiswa yang memiliki motivasi belajar rendah, pada AutoCad yang memperoleh penyampaian materi menggunakan modul lebih tinggi dari pada hasil belajar mahasiswa yang memiliki motivasi belajar rendah yang rnemperoleh strategi penyampaian pembelajaran yang disajikan oleh Dosen Ian gsung4. Terdapat pengaruh interaksi antara strategi penyampaian pembelajaran dengan motivasi belajar mahasiswa terhadap hasil belajar AutoCad, berarti strategi penyampaian pembelajaran dan motivasi belajar sama-sama mernpengaruhi hasil belajar mahasiswa.
id IOS3150.19723
institution Universitas Negeri Medan
institution_id 60
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Medan
library_id 564
collection Digital Repository Universitas Negeri Medan
repository_id 3150
subject_area Adat Istiadat
Agama
Akuntansi
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS3150
first_indexed 2017-02-25T17:13:52Z
last_indexed 2017-02-25T17:13:52Z
recordtype dc
_version_ 1766033407105564672
score 17.538404