Daftar Isi:
  • Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan tujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran dalam penerapan Contextual Teaching and Learning berbasis budaya Melayu yang valid dan efektif, beserta seluruh instrumen penelitian yang terkait dengan penerapan perangkat tersebut dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan teorema Pythagoras di kelas VIII SMP/MTs. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan perangkat pembelajaran menurut Thiagarajan, Semmel dan Semmel yaitu model 4-D (four D models). Rancangan dalam uji coba menggunakan design Pre-test and Post-test pada setiap siklus uji coba. Temuan hasil penelitian yakni: 1) perangkat pembelajaran yang dihasilkan, berupa: rencana pelaksanaan pembelajaran, modul, dan tes kemampuan pemecahan masalah telah memenuhi kriteria baik/valid; 2) keefektifan perangkat pembelajaran disimpulkan berdasarkan pada: (i) ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada uji coba I sebesar 73,53% dan pada uji coba II sebesar 85,30%, (ii) ketercapaian aktivitas aktif siswa dan waktu ideal pada uji coba I dan uji coba II adalah ideal; iii) pengelolaan guru dalam pembelajaran pada uji coba I terkategori sedang dan pada uji coba II terkategori tinggi, dan (iv) respons positif siswa terhadap komponen dan kegiatan pembelajaran pada uji coba I sebesar 92,65% dan pada uji coba II sebesar 95,92%.