ctrlnum 19680
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/19680/</relation><title>PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA DALAM PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBASIS BUDAYA MELAYU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DI KELAS VIII MTS N TANJUNG PURA</title><creator>Nurjehan, Rizki</creator><subject>LB1025 Teaching (Principles and Practice)</subject><subject>LB1603 Secondary Education. High schools</subject><subject>QA Mathematics</subject><description>Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan tujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran dalam penerapan Contextual Teaching and Learning berbasis budaya Melayu yang valid dan efektif, beserta seluruh instrumen penelitian yang terkait dengan penerapan perangkat tersebut dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan teorema Pythagoras di kelas VIII SMP/MTs. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan perangkat pembelajaran menurut Thiagarajan, Semmel dan Semmel yaitu model 4-D (four D models). Rancangan dalam uji coba menggunakan design Pre-test and Post-test pada setiap siklus uji coba. Temuan hasil penelitian yakni: 1) perangkat pembelajaran yang dihasilkan, berupa: rencana pelaksanaan pembelajaran, modul, dan tes kemampuan pemecahan masalah telah memenuhi kriteria baik/valid; 2) keefektifan perangkat pembelajaran disimpulkan berdasarkan pada: (i) ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada uji coba I sebesar 73,53% dan pada uji coba II sebesar 85,30%, (ii) ketercapaian aktivitas aktif siswa dan waktu ideal pada uji coba I dan uji coba II adalah ideal; iii) pengelolaan guru dalam pembelajaran pada uji coba I terkategori sedang dan pada uji coba II terkategori tinggi, dan (iv) respons positif siswa terhadap komponen dan kegiatan pembelajaran pada uji coba I sebesar 92,65% dan pada uji coba II sebesar 95,92%.</description><date>2016-06-23</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/19680/1/1%20NIM%208146181033%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/19680/1/2%20NIM%208146181033%20LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/19680/2/3%20NIM%208146181033%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/19680/6/4%20NIM%208146181033%20KATA%20PENGANTAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/19680/4/5%20NIM%208146181033%20DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/19680/5/6%20NIM%208146181033%20DAFTAR%20TABEL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/19680/7/7%20NIM%208146181033%20DAFTAR%20GAMBAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/19680/7/8%20NIM%208146181033%20DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/19680/2/9%20NIM%208146181033%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/19680/3/13%20NIM%208146181033%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/19680/1/14%20NIM%208146181033%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Nurjehan, Rizki (2016) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA DALAM PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBASIS BUDAYA MELAYU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DI KELAS VIII MTS N TANJUNG PURA. Masters thesis, UNIMED. </identifier><recordID>19680</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Nurjehan, Rizki
title PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA DALAM PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBASIS BUDAYA MELAYU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DI KELAS VIII MTS N TANJUNG PURA
publishDate 2016
isbn 208146181033
topic LB1025 Teaching (Principles and Practice)
LB1603 Secondary Education. High schools
QA Mathematics
url http://digilib.unimed.ac.id/19680/1/1%20NIM%208146181033%20COVER.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/19680/1/2%20NIM%208146181033%20LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/19680/2/3%20NIM%208146181033%20ABSTRAK.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/19680/6/4%20NIM%208146181033%20KATA%20PENGANTAR.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/19680/4/5%20NIM%208146181033%20DAFTAR%20ISI.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/19680/5/6%20NIM%208146181033%20DAFTAR%20TABEL.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/19680/7/7%20NIM%208146181033%20DAFTAR%20GAMBAR.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/19680/7/8%20NIM%208146181033%20DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/19680/2/9%20NIM%208146181033%20BAB%20I.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/19680/3/13%20NIM%208146181033%20BAB%20V.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/19680/1/14%20NIM%208146181033%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/19680/
contents Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan tujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran dalam penerapan Contextual Teaching and Learning berbasis budaya Melayu yang valid dan efektif, beserta seluruh instrumen penelitian yang terkait dengan penerapan perangkat tersebut dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan teorema Pythagoras di kelas VIII SMP/MTs. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan perangkat pembelajaran menurut Thiagarajan, Semmel dan Semmel yaitu model 4-D (four D models). Rancangan dalam uji coba menggunakan design Pre-test and Post-test pada setiap siklus uji coba. Temuan hasil penelitian yakni: 1) perangkat pembelajaran yang dihasilkan, berupa: rencana pelaksanaan pembelajaran, modul, dan tes kemampuan pemecahan masalah telah memenuhi kriteria baik/valid; 2) keefektifan perangkat pembelajaran disimpulkan berdasarkan pada: (i) ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada uji coba I sebesar 73,53% dan pada uji coba II sebesar 85,30%, (ii) ketercapaian aktivitas aktif siswa dan waktu ideal pada uji coba I dan uji coba II adalah ideal; iii) pengelolaan guru dalam pembelajaran pada uji coba I terkategori sedang dan pada uji coba II terkategori tinggi, dan (iv) respons positif siswa terhadap komponen dan kegiatan pembelajaran pada uji coba I sebesar 92,65% dan pada uji coba II sebesar 95,92%.
id IOS3150.19680
institution Universitas Negeri Medan
institution_id 60
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Medan
library_id 564
collection Digital Repository Universitas Negeri Medan
repository_id 3150
subject_area Adat Istiadat
Agama
Akuntansi
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS3150
first_indexed 2016-09-23T02:49:26Z
last_indexed 2016-09-23T02:49:26Z
recordtype dc
_version_ 1766033406578130944
score 17.538404