Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan kebiasaan membaca dengan kemampuan menulis karangan argumentasi oleh siswa kelas X SMA Negeri 1 Sianjur Mulamula sebanyak 163 orang dan pengambilan sampel dilakukan secara random sampling, sehingga diperoleh sampel penelitian sebanyak 32 orang. Metode yang digunakan adalah metode deskripsi koresional. Data kebiasaan membaca dijaring dengan menggunakan angket sebanyak 22 soal. Data kemampuan menulis karangan argumentasi dijaring dengan menggunakan tes perbuatan. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan yaitu uji normalitas, uji linearitas, dan uji keberartian. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa data berdistribusi normal, linier, dan berarti. Hasil perhitungan dengan menggunakan anlisis korelasi Product Moment pada taraf signifikan α 0.05 menujukkan nilai rhitung > rtabel yakni 0.857 > 0.349, hal ini berarti bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kebiasaan membaca dengan kemampuan menulis karangan argumentasi oleh siswa kelas X SMA Negeri 1 Sianjur Mulamula tahun pembelajaran 2015/2016. Adanya hubungan yang signifikan antara kebiasaan membaca dengan kemampuan menulis argumentasi maka dapat disimpulkan bahwa Ho (hipotesis nihil) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima.