PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR INTRINSIK CERPEN “NASIHAT-NASIHAT” KARYA A. A. NAVIS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 PANYABUNGAN SELATAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016
ctrlnum |
19525 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/19525/</relation><title>PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE
TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) TERHADAP
KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR INTRINSIK
CERPEN “NASIHAT-NASIHAT” KARYA A. A. NAVIS SISWA
KELAS XI SMA NEGERI 1 PANYABUNGAN SELATAN
TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016</title><creator>Khairani, Desi</creator><subject>LB1603 Secondary Education. High schools</subject><subject>PN1010 Poetry</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) terhadap kemampuan
mengidentifikasi unsur intrinsik cerpen. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas XI SMA Negeri 1 Panyabungan Selatan Tahun Pembelajaran
2015/2016 yang berjumlah 111 siswa. Sampel diambil secara acak kelas yaitu
kelas XI IPA 3 yang berjumlah 26 siswa.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
eksperimen semu. Desain penelitiannya adalah one group pre-test post-test
design.Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes esai.
Hasil penelitian ini menunjukkan tiga hal. Pertama, kemampuan
mengidentifikasi unsur intrinsik cerpen “nasihat-nasihat” karya A.A.Navis
sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assited
Individualization) pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Panyabungan Selatan
Tahun Pembelajaran 2015/2016 tergolong ke dalam kategori cukup. Kedua,
kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik cerpen “nasihat-nasihat” karya
A.A.Navis setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team
Assited Individualization) pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Panyabungan
Selatan Tahun Pembelajaran 2015/2016 tergolong ke dalam kategori baik. Ketiga,
ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe
TAI (Team Assisted Individualization) terhadap kemampuan mengidentifikasi
unsur intrinsik cerpen “nasihat-nasihat” karya A.A.Navis siswa kelas XI SMA
Negeri 1 Panyabungan Selatan Tahun Pembelajaran 2015/2016.</description><date>2016-06-18</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Other:Other</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/19525/1/4.%20NIM%202123111010%20PREFACE.PDF</identifier><type>Other:Other</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/19525/6/1.%20NIM%202123111010%20COVER.PDF</identifier><type>Other:Other</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/19525/1/5.%20NIM%202123111010%20TABLE%20OF%20CONTENT.PDF</identifier><type>Other:Other</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/19525/2/3.%20NIM%202123111010%20ABSTRACT.PDF</identifier><type>Other:Other</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/19525/3/6.%20NIM%202123111010%20TABLES.PDF</identifier><type>Other:Other</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/19525/5/7.%20NIM%202123111010%20APPENDICES.PDF</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/19525/7/2.%20NIM%202123111010%20APPROVAL%20SHEET.PDF.pdf</identifier><type>Other:Other</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/19525/4/8.%20NIM%202123111010%20CHAPTER%201.PDF</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/19525/8/13.%20NIM.%2021233311020_BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/19525/9/14.%20NIM.%2021233311020_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Khairani, Desi (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR INTRINSIK CERPEN “NASIHAT-NASIHAT” KARYA A. A. NAVIS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 PANYABUNGAN SELATAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED. </identifier><recordID>19525</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Other:Other Other Book:Book Book |
author |
Khairani, Desi |
title |
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE
TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) TERHADAP
KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR INTRINSIK
CERPEN “NASIHAT-NASIHAT” KARYA A. A. NAVIS SISWA
KELAS XI SMA NEGERI 1 PANYABUNGAN SELATAN
TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016 |
publishDate |
2016 |
isbn |
202123111010 2021233311020 |
topic |
LB1603 Secondary Education. High schools PN1010 Poetry |
url |
http://digilib.unimed.ac.id/19525/1/4.%20NIM%202123111010%20PREFACE.PDF http://digilib.unimed.ac.id/19525/6/1.%20NIM%202123111010%20COVER.PDF http://digilib.unimed.ac.id/19525/1/5.%20NIM%202123111010%20TABLE%20OF%20CONTENT.PDF http://digilib.unimed.ac.id/19525/2/3.%20NIM%202123111010%20ABSTRACT.PDF http://digilib.unimed.ac.id/19525/3/6.%20NIM%202123111010%20TABLES.PDF http://digilib.unimed.ac.id/19525/5/7.%20NIM%202123111010%20APPENDICES.PDF http://digilib.unimed.ac.id/19525/7/2.%20NIM%202123111010%20APPROVAL%20SHEET.PDF.pdf http://digilib.unimed.ac.id/19525/4/8.%20NIM%202123111010%20CHAPTER%201.PDF http://digilib.unimed.ac.id/19525/8/13.%20NIM.%2021233311020_BAB%20V.pdf http://digilib.unimed.ac.id/19525/9/14.%20NIM.%2021233311020_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://digilib.unimed.ac.id/19525/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) terhadap kemampuan
mengidentifikasi unsur intrinsik cerpen. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas XI SMA Negeri 1 Panyabungan Selatan Tahun Pembelajaran
2015/2016 yang berjumlah 111 siswa. Sampel diambil secara acak kelas yaitu
kelas XI IPA 3 yang berjumlah 26 siswa.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
eksperimen semu. Desain penelitiannya adalah one group pre-test post-test
design.Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes esai.
Hasil penelitian ini menunjukkan tiga hal. Pertama, kemampuan
mengidentifikasi unsur intrinsik cerpen “nasihat-nasihat” karya A.A.Navis
sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assited
Individualization) pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Panyabungan Selatan
Tahun Pembelajaran 2015/2016 tergolong ke dalam kategori cukup. Kedua,
kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik cerpen “nasihat-nasihat” karya
A.A.Navis setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team
Assited Individualization) pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Panyabungan
Selatan Tahun Pembelajaran 2015/2016 tergolong ke dalam kategori baik. Ketiga,
ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe
TAI (Team Assisted Individualization) terhadap kemampuan mengidentifikasi
unsur intrinsik cerpen “nasihat-nasihat” karya A.A.Navis siswa kelas XI SMA
Negeri 1 Panyabungan Selatan Tahun Pembelajaran 2015/2016. |
id |
IOS3150.19525 |
institution |
Universitas Negeri Medan |
institution_id |
60 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Medan |
library_id |
564 |
collection |
Digital Repository Universitas Negeri Medan |
repository_id |
3150 |
subject_area |
Adat Istiadat Agama Akuntansi |
city |
KOTA MEDAN |
province |
SUMATERA UTARA |
repoId |
IOS3150 |
first_indexed |
2016-09-23T02:49:23Z |
last_indexed |
2016-09-23T02:49:23Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1766033405778067456 |
score |
17.538404 |