HUBUNGAN PEMAHAMAN ISI, STRUKTUR, DAN CIRI KEBAHASAAN DENGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI OLEH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pemahaman isi, struktur dan ciri kebahasaan dengan kemampuan menulis teks eksplanasi oleh siswa kelas XI SMA Negeri 5 Medan tahun pembelajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMA Negeri 5 Medan tahun pembelajaran 2015/2016 yang terdiri dari 13 kelas dengan jumlah 513 orang. Sampel yang diambil adalah 76 orang dari jumlah kelas yang telah ditentukan. Metode yang digunakan adalah metode Ex post facto. Data pemahaman isi, struktur, ciri kebahasaan , dan kemampuan menulis teks eksplanasi oleh siswa dijaring dengan menggunakan objektif tes sebanyak 60 soal dan essay tes yang disusun berdasarkan tujuan yang ingin dicapai. Penguji hipotesis dilakukan dengan uji “r”. Dari perolehan data menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam pemahaman isi termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 76,05 dengan uji hipotesis rhitung > rtabel (0,322 > 0,225), kemampuan siswa dalam pemahaman struktur termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 77,03 dengan uji hipotesis rhitung > rtabel (0,407 > 0,225), kemampuan siswa dalam pemahaman ciri kebahasaan termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 78,28 dengan uji hipotesis rhitung > rtabel (0,590 > 0,225), kemampuan siswa dalam menulis teks eksplanasi termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 80,32 dengan uji hipotesis rhitung > rtabel (0,611 > 0,225) pada taraf siginifikan α = 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan ada hubungan yang positif dan signifikan antara hubungan pemahaman isi, struktur, dan ciri kebahasaan dengan kemampuan menulis teks eksplanasi oleh siswa kelas XI SMA Negeri 5 Medan tahun pembelajaran 2015/2016.