ctrlnum 19524
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/19524/</relation><title>HUBUNGAN PEMAHAMAN ISI, STRUKTUR, DAN CIRI KEBAHASAAN DENGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI&#xD; OLEH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 MEDAN&#xD; TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016</title><creator>Nasution, Desry Arbieyanti</creator><subject>LB1603 Secondary Education. High schools</subject><subject>P302 Discourse analysis</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pemahaman isi, struktur dan ciri kebahasaan dengan kemampuan menulis teks eksplanasi oleh siswa kelas XI SMA Negeri 5 Medan tahun pembelajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMA Negeri 5 Medan tahun pembelajaran 2015/2016 yang terdiri dari 13 kelas dengan jumlah 513 orang. Sampel yang diambil adalah 76 orang dari jumlah kelas yang telah ditentukan. Metode yang digunakan adalah metode Ex post facto. Data pemahaman isi, struktur, ciri kebahasaan , dan kemampuan menulis teks eksplanasi oleh siswa dijaring dengan menggunakan objektif tes sebanyak 60 soal dan essay tes yang disusun berdasarkan tujuan yang ingin dicapai. Penguji hipotesis dilakukan dengan uji &#x201C;r&#x201D;. Dari perolehan data menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam pemahaman isi termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 76,05 dengan uji hipotesis rhitung &gt; rtabel (0,322 &gt; 0,225), kemampuan siswa dalam pemahaman struktur termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 77,03 dengan uji hipotesis rhitung &gt; rtabel (0,407 &gt; 0,225), kemampuan siswa dalam pemahaman ciri kebahasaan termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 78,28 dengan uji hipotesis rhitung &gt; rtabel (0,590 &gt; 0,225), kemampuan siswa dalam menulis teks eksplanasi termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 80,32 dengan uji hipotesis rhitung &gt; rtabel (0,611 &gt; 0,225) pada taraf siginifikan &#x3B1; = 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan ada hubungan yang positif dan signifikan antara hubungan pemahaman isi, struktur, dan ciri kebahasaan dengan kemampuan menulis teks eksplanasi oleh siswa kelas XI SMA Negeri 5 Medan tahun pembelajaran 2015/2016.</description><date>2016-07-28</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/19524/1/1.%20NIM.%2021233311020_COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/19524/2/2.%20NIM.%2021233311020_LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/19524/3/3.%20NIM.%2021233311020_ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/19524/4/4.%20NIM.%2021233311020_KATA%20PENGANTAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/19524/5/5.%20NIM.%2021233311020_DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/19524/6/6.%20NIM.%2021233311020_DAFTAR%20GAMBAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/19524/7/7.%20NIM.%2021233311020_DAFTAR%20TABEL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/19524/8/8.%20NIM.%2021233311020_DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/19524/9/9.%20NIM.%2021233311020_BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/19524/10/13.%20NIM.%2021233311020_BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/19524/11/14.%20NIM.%2021233311020_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Nasution, Desry Arbieyanti (2016) HUBUNGAN PEMAHAMAN ISI, STRUKTUR, DAN CIRI KEBAHASAAN DENGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI OLEH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED. </identifier><recordID>19524</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Nasution, Desry Arbieyanti
title HUBUNGAN PEMAHAMAN ISI, STRUKTUR, DAN CIRI KEBAHASAAN DENGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI OLEH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016
publishDate 2016
isbn 2021233311020
topic LB1603 Secondary Education. High schools
P302 Discourse analysis
url http://digilib.unimed.ac.id/19524/1/1.%20NIM.%2021233311020_COVER.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/19524/2/2.%20NIM.%2021233311020_LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/19524/3/3.%20NIM.%2021233311020_ABSTRAK.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/19524/4/4.%20NIM.%2021233311020_KATA%20PENGANTAR.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/19524/5/5.%20NIM.%2021233311020_DAFTAR%20ISI.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/19524/6/6.%20NIM.%2021233311020_DAFTAR%20GAMBAR.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/19524/7/7.%20NIM.%2021233311020_DAFTAR%20TABEL.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/19524/8/8.%20NIM.%2021233311020_DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/19524/9/9.%20NIM.%2021233311020_BAB%20I.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/19524/10/13.%20NIM.%2021233311020_BAB%20V.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/19524/11/14.%20NIM.%2021233311020_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/19524/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pemahaman isi, struktur dan ciri kebahasaan dengan kemampuan menulis teks eksplanasi oleh siswa kelas XI SMA Negeri 5 Medan tahun pembelajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMA Negeri 5 Medan tahun pembelajaran 2015/2016 yang terdiri dari 13 kelas dengan jumlah 513 orang. Sampel yang diambil adalah 76 orang dari jumlah kelas yang telah ditentukan. Metode yang digunakan adalah metode Ex post facto. Data pemahaman isi, struktur, ciri kebahasaan , dan kemampuan menulis teks eksplanasi oleh siswa dijaring dengan menggunakan objektif tes sebanyak 60 soal dan essay tes yang disusun berdasarkan tujuan yang ingin dicapai. Penguji hipotesis dilakukan dengan uji “r”. Dari perolehan data menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam pemahaman isi termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 76,05 dengan uji hipotesis rhitung > rtabel (0,322 > 0,225), kemampuan siswa dalam pemahaman struktur termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 77,03 dengan uji hipotesis rhitung > rtabel (0,407 > 0,225), kemampuan siswa dalam pemahaman ciri kebahasaan termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 78,28 dengan uji hipotesis rhitung > rtabel (0,590 > 0,225), kemampuan siswa dalam menulis teks eksplanasi termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 80,32 dengan uji hipotesis rhitung > rtabel (0,611 > 0,225) pada taraf siginifikan α = 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan ada hubungan yang positif dan signifikan antara hubungan pemahaman isi, struktur, dan ciri kebahasaan dengan kemampuan menulis teks eksplanasi oleh siswa kelas XI SMA Negeri 5 Medan tahun pembelajaran 2015/2016.
id IOS3150.19524
institution Universitas Negeri Medan
institution_id 60
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Medan
library_id 564
collection Digital Repository Universitas Negeri Medan
repository_id 3150
subject_area Adat Istiadat
Agama
Akuntansi
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS3150
first_indexed 2016-09-23T02:49:23Z
last_indexed 2016-09-23T02:49:23Z
recordtype dc
_version_ 1766033405772824576
score 17.538404