HUBUNGAN PEMAHAMAN ISI, STRUKTUR, DAN CIRI KEBAHASAAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS OLEH SISWA KELAS X MAN 2 MODEL MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pemahaman isi, struktur dan ciri kebahasaan terhadap kemampuan menulis teks prosedur kompleks oleh siswa kelas X MAN 2 Model Medan tahun pembelajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X MAN 2 Model Medan tahun pembelajaran 2015/2016 yang terdiri dari 15 kelas dengan jumlah 612 orang. Sampel yang diambil adalah 42 orang dari jumlah kelas yang telah ditentukan. Metode yang digunakan adalah metode Ex post facto. Data pemahaman isi, struktur, ciri kebahasaan , dan kemampuan menulis teks prosedur kompleks oleh siswa dijaring dengan menggunakan objektif tes sebanyak 60 soal dan essay tes yang disusun berdasarkan tujuan yang ingin dicapai. Sebelum dilakukan pengujian data terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan uji linieritas. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa data berdistribusi normal. Setelah dilakukan perhitungan uji normalitas Lhitung < Ltabel pada taraf signifikan . Hasil uji normalitas untuk data pemahaman isi ( 0,1242 < 0,1367 ), struktur ( 0,1342 < 0,1367 ) ciri kebahasaan (0,0945 < 0,1367 ) dan kemampuan menulis teks prosedur kompleks ( 0,1131 < 0,1367 ). Hasil uji kelinieran kemampuan menulis teks prosedur kompleks (Y) atas pemahaman isi (X1) Fhitung < Ftabel ( < 2,49) dan uji keberartian regresi Fhitung > Ftabel > 4.08) maka ̂ = 96,73 + 0,18 X1 linear dan berarti, kemampuan menulis teks prosedur kompleks (Y) atas pemahaman struktur (X2) Fhitung < Ftabel (0,23 < 2,49) dan uji keberartian regresi Fhitung > Ftabel ( > 4.08) maka ̂ 72,15 + 0,12 X2 linear dan berarti, dan kemampuan menulis teks prosedur kompleks (Y) atas pemahaman ciri kebahasaan (X3) Fhitung < Ftabel (0,29 < 2,63) dan uji keberartian regresi Fhitung > Ftabel ( > 4.08) maka ̂ 78,02 + 0,04 X3 linear dan berarti. Sedangkan hasil korelasi antar variabel menunjukkan bahwa hubungan pemahaman isi terhadap kemampuan menulis teks prosedur kompleks memiliki koefesien determinan korelasi ganda sebesar 9,67%, hubungan pemahaman struktur terhadap kemampuan menulis teks prosedur kompleks memiliki koefesien determinan korelasi ganda sebesar 11,70%, hubungan pemahaman ciri kebahasaan terhadap kemampuan menulis teks prosedur kompleks memiliki koefesien determinan korelasi ganda sebesar 44,62% dan hubungan pemahaman isi, struktur, dan ciri kebahasaan terhadap kemampuan menulis teks prosedur kompleks memiliki koefesien determinan korelasi ganda sebesar 63,.04%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara hubungan pemahaman isi, struktur, dan ciri kebahasaan terhadap kemampuan menulis teks prosedur kompleks oleh siswa kelas X MAN 2 Model Medan tahun pembelajaran 2015/2016.