PENERAPAN STRATEGI KOGNITIF SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA

Main Author: Sriadhi,
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: FISIPOL UMA , 2010
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/19445/1/Fulltext.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/19445/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini ingin membuktikan penerapan strategi kognitif terhadap peningkatan hasil belajar mahasiswa khususnya dalam mata kuliah Operation Research. Terbukti melalui penelitian eksperimen ini menemukan bahwa hasil belajar mahasiswa dengan menggunakan strategi kognitif lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Pada taraf α = 5% hal tersebut sangat signifikan. Selain itu, strategi rehearsal merupakan strategi yang paling banyak dilakukan oleh mahasiswa, sedangkan strategi metacognitive dan affective hanya digunakan oleh sebagian kecil mahasiswa. Selain itu, upaya peningkatan hasil belajar harus tertumpu kepada aktivitas belajar mahasiswa dan bukan semata-mata kepada aktivitas mengajar dosen. Oleh sebab itu penentu utama hasil belajar mahasiswa adalah efektif tidaknya aktivitas belajar yang dilakukannya.