PENERAPAN STRATEGI KOGNITIF SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA
Main Author: | Sriadhi, |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
FISIPOL UMA
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/19445/1/Fulltext.pdf http://digilib.unimed.ac.id/19445/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini ingin membuktikan penerapan strategi kognitif terhadap peningkatan hasil belajar mahasiswa khususnya dalam mata kuliah Operation Research. Terbukti melalui penelitian eksperimen ini menemukan bahwa hasil belajar mahasiswa dengan menggunakan strategi kognitif lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Pada taraf α = 5% hal tersebut sangat signifikan. Selain itu, strategi rehearsal merupakan strategi yang paling banyak dilakukan oleh mahasiswa, sedangkan strategi metacognitive dan affective hanya digunakan oleh sebagian kecil mahasiswa. Selain itu, upaya peningkatan hasil belajar harus tertumpu kepada aktivitas belajar mahasiswa dan bukan semata-mata kepada aktivitas mengajar dosen. Oleh sebab itu penentu utama hasil belajar mahasiswa adalah efektif tidaknya aktivitas belajar yang dilakukannya.