STRATEGI PEDAGANG BATU AKIK DALAM MENARIK MINAT PEMBELI DI KOTA BANDA ACEH (STUDI KOMUNIKASI PEMASARAN MARKETING MIX)

Main Author: Syakban
Format: Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA , 2019
Subjects:
Online Access: http://etd.unsyiah.ac.id//index.php?p=show_detail&id=55933
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Tahun 2013-2016 yang lalu batu akik telah menjadi suatu komoditas yang sangatmenarik hampir bagi semua orang. Batu Akik telah menjadi cenderamata bagi setiaporang termasuk bagi turis wisatawan asing yang berkunjung ke Kota Banda Aceh.Namun sekarang ini telah menjadi barang yang kurang menarik lagi, hal ini diperkirakankarena kemampuan komunikasi pemasaran penjual batu akik yang kurang efektif.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran pedagang batuakik dalam menarik minat pembeli di Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakanteori Pemrosesan Informasi McGuire. Metode penelitian yang digunakan adalahpendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini sebanyak10 orang penjual batu akik di Kota Banda Aceh dengan objek kajiannya strategipedagang batu akik di Kota Banda Aceh dalam menarik minat pembeli. Teknikpengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi. Berdasarkan hasilpenelitian dapat diketahui bahwa strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan olehpara pedagang batu akik di Kota Banda Aceh menggunakan tiga cara yakni melaluikomunikasi dengan berbagai promosi baik penyampaian informasi secara personal darimulut ke mulut maupun melalui komunikasi kelompok seperti diskusi dan seminar.Selain itu komunikasi pemasaran batu akik juga melalui media elektronik dan mediacetak seperti televisi, radio, brosur, spanduk, majalah dan koran. Di samping itu dalammenarik minat pembeli, para pedagang batu akik juga melakukan peningkatan hasilproduksi yang menarik dan berkualitas seperti mata cicin dan kalung, dibuat yang lebihmenarik bagi konsumen bertujuan untuk memperlancar pemasaran dan lebih mudahmelakukan komunikasi dalam menarik minat pembeli. Selanjutnya para pedagang batuakik di Kota Banda Aceh juga menyesuaikan dengan harga yang dapat terjangkau olehpembeli/kounsumen.Kata Kunci: Strategi, Komunikasi Pemasaran, Pedagang Batu Akik.
  • Banda Aceh