PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS, KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP SISTEM PERNAPASAN DI MAN KABUPATEN BIREUEN

Main Author: KHAIRUNNISAK
Format: Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Magister Pendidikan Biologi Universitas Syiah Kuala , 2017
Subjects:
Online Access: http://etd.unsyiah.ac.id//index.php?p=show_detail&id=46691
Daftar Isi:
  • Khairunnisak : Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis, Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Sistem Pernapasan Manusia di MAN Kabutapen Bireuen Pembimbing I Dr. Hasanuddin,M.Si,. Pembimbing II Dr. khairil, M.SiABSTRAKPenelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis, keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa pada konsep sistem pernapasan Manusia di MAN Kabutapen Bireuen. Pengambilan data dilakukan pada bulan Maret 2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan pretest postes kontrol desaign. Penelitian ini dilakukan pada 6 kelas yaitu 2 kelas kontrol di MAN Gandapura,1 kelas kontrol di MAN Kabupaten Bireuen sedangkan kelas eksperimen 2 kelas di MAN Gandapura 1 di MAN Bireuen. Instrument yang digunakan adalah lembar observasi untuk melihat keterampilan berpikir kritis, keterampilan proses sain, hasil belajar. Analisis data menggunakan uji Mann Whitney U dengan bantuan SPSS 17.0 for windows pada taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian ini nilai rata-rata berpikir kritis pada kelas eksperimen di MAN Gandapura adalah 0,78 dan kelas kontrol 0,63.sedangkan nilai rata-rata berpikir kritis pada kelas eksperimen di MAN Peusangan adalah 0,79 dan kelas kontrol 0,69. Pada nilai keterampilan proses sain di kelas eksperimen MAN Gandapura adalah 70,63 dan kelas kontrol 65,3. Sedangkan di MAN Peusangan kelas eksperimen 69,56 dan kelas kontrol 64,52. Pada nilai hasil belajar kelas ekperimen di MAN Gandapura 0,79 dan kelas kontrol 0,56. Sedangkan di MAN Peusangan kelas eksperimen 0,72 dan kelas kontrol 0,60. Dari ketiga variable yang telah diukur hal tersebut menunjukkan bahwa Pengaruh Model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis, keterampilan proses sain, dan hasil belajar siswa pada Konsep Sistem Pernapasan Manusia di MAN Kabutapen Bireuen.Kata kunci: Problem Based Learning, Kemampuan berpikir kritis , KPS, Hasil belajar, Sistem pernapasan
  • Banda Aceh