PENGEMBANGAN MEDIA ARAH (PETA SEJARAH) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS IV DI MI NURUL HIDAYAH TEMENGGUNGAN KEJAGAN TROWULAN MOJOKERTO
Main Author: | Aini, Nurul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unipdu.ac.id/2046/ |
Daftar Isi:
- Siswa mengalami kesulitan dalam memahami pembelajaran IPS materipeninggalan sejarahkarena pembelajaran yang monoton atau kurangnya variasi dalam pembelajaran sehingga kurangnya minat belajar dan rendahnya pemahaman siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti mengembangkan media Arah yang bertujuan untuk mengimplementasikan media Arah, mengembangkan media tersebut dan menganalisis efektifitas media Arah terhadap pemahaman siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian Research and Development (R&D). Teknik pengumpulan data mencakup kegiatan wawancara, observasi, dokumentasi, tes dan angket. Pada tahap uji coba I didapatkan hasil rata-rata pretest dan posttest masing-masing sebesar 62,3 dan 72,3, sedangkan pada uji coba II siswa mengalami peningkatan pada hasil pemahaman siswa dengan rata-rata pretest sebesar 70,3 dan posttest masing-masing sebesar 92. Berdasarkan hasil temuan, penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media Arah valid dan efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam materi peninggalan sejarah. Kata kunci: Arah, Pengembangan Media Pembelajaran, Pemahaman Siswa IPS