Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) terhadap Hasil Belajar Matematika bagi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Tuntang Kabupaten Semarang

Main Author: Isnaeni, Tri
Other Authors: Kriswandani, Wahyudi
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Matematika FKIP-UKSW , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/9871
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe SQ3R terhadap hasil belajar matematika pada kelas VII SMP Negeri 2 Tuntang Kabupaten Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tuntang Kabupaten Semarang sebanyak 214 siswa yang terdiri atas 7 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling dan diperoleh siswa kelas VII C sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas VII G sebagai kelompok kontrol dengan jumlah siswa masing-masing 30 siswa. Desain penelitian ini menggunakan the randomized control group pretest-posttest design. Hasil analisis data pretest untuk uji beda rerata menghasilkan signifikansi sebesar 0,517 (lebih dari 0,05), artinya kondisi awal kedua kelompok sampel seimbang, sedangkan hasil analisis data uji beda rerata untuk posttest menghasilkan signifikansi sebesar 0,003 (kurang dari 0,05) dan rata-rata kelas eksperimen (77,30) lebih tinggi disbanding kelas kontrol (63,23). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe SQ3R terhadap hasil belajar matematika bagi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tuntang kabupaten Semarang.