Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Menggunakan Metode Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Teori Dienes dan Metode Pembelajaran Mekanistik

Main Author: Alim
Other Authors: Ratu, Novisita
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/916
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika yang signifikan antara siswa kelas IV menggunakan metode pembelajaran problem based learning (PBL) dengan teori Dienes dan metode pembelajaran mekanistik. Manfaat yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah sebagai salah satu metode yang dapat menambah mengaktifkan siswa guna meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan two group pretest posttest design yang dilakukan di SDN Mangunsari 04 dan 07 Salatiga tahun pelajaran 2011/2012. Kelas IV SD Negeri Mangunsari 07 sebagai kelas eksperimen dan kelas IV SD Negeri Mangunsari 04 sebagai kelas kontrol. Setelah dilakukan tes awal dan hasil tes dilakukan uji homogenitas kedua kelas tersebut homogen. Teknik analisis data akhir yang digunakan yaitu uji t-tes yang perhitungannya dilakukan dengan bantuan SPSS versi 16.0. T test digunakan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar yang signifikan antara dua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa kelas IV menggunakan metode pembelajaran problem based learning (PBL) dengan teori Dienes dan metode pembelajaran mekanistik. Hasil penelitian menunjukkan siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran problem based learning (PBL) dengan teori Dienes lebih baik dari pada siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran mekanistik. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata posttest yang diperoleh siswa kelas eksperimen adalah 85 dengan standar deviasi sebesar 9,374 sedangkan nilai rata-rata posttest siswa kelas kontrol adalah 73,9 dengan standar deviasi sebesar 14,073. Uji hipotesis menunjukkan bahwa T Hitung sebesar 3,797 dan T Tabel 1,669, maka T Hitung ˃ T Tabel, sehingga H1 diterima, ini berarti ada perbedaan hasil belajar matematika siswa kelas IV menggunakan metode pembelajaran problem based learning (PBL) dengan teori Dienes dan metode pembelajaran mekanistik.