Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat dengan Menggunakan Metode DLPS (Double Loop Problem Solving) pada Siswa Kelas 5 SD Negeri Kenconorejo 02 Semester I Tahun Pelajaran 2013/2014

Main Author: Kunaenah
Other Authors: Dwikurnaningsih, Yari
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/7941
Daftar Isi:
  • Berdasarkan refleksi prasiklus diperoleh informasi bahwa hasil belajar Matematika materi Operasi Hitung Bilangan Bulat siswa kelas 5 SDN Kenconorejo 02 rendah. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai rerata 57,37 yang masih dibawah KKM sebesar 60. Dari 19 siswa yang mengikuti tes sebelum diadakan penelitian, baru 36,84 % atau 7 siswa yang sudah mencapai KKM. Kondisi tersebut dikarenakan guru masih monoton dalam kegiatan pembelajaran dengan mengedepankan pemberian latihan-latihan soal yang terlalu banyak, sehingga siswa merasa jenuh. Dari latar belakang tersebut maka guru bertujuan mengadakan penelitian tindakan kelas (PTK) untuk materi Operasi Hitung Bilangan Bulat dengan menerapkan metode Double Loop Problem Solving (DLPS). Jadi, rumusan masalahnya adalah bagaimana menerapkan metode Double Loop Problem Solving (DLPS) untuk meningkatkan hasil belajar Matematika materi Operasi Hitung Bilangan Bulat pada siswa kelas 5 SDN Kenconorejo 02. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan Metode Double Loop Problem Solving (DLPS) dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar Matematika. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas 5 SDN Kenconorejo 02 dengan jumlah siswa 19 orang. Penelitian tersebut dilaksanakan dalam 2 siklus melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Upaya perolehan data dilakukan melalui tes yang berupa isian, dengan pendekatan deskriptif kwantitatif dimana hasil akhirnya berupa angka yang dijadikan acuan pelaksanaan tindakan persiklus. Hasil pada siklus I menunjukkan bahwa nilai rerata naik menjadi 67,63 dan siswa yang tuntas mencapai 73,68 % (14 siswa) dari 19 siswa yang mengikuti tes. Sedangkan pada siklus II diperoleh hasil rerata mencapai 76,32 dengan ketuntasan siswa mencapai 89,47 % atau sebesar 17 orang siswa tuntas. Dari hasil penelitian selama 2 siklus tersebut, maka diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan Metode Double Loop Problem Solving (DLPS) dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi Operasi Hitung Bilangan Bulat pada siswa kelas 5 SDN Kenconorejo 02.